Berita Nasional Terpercaya

Pelindung Ponsel Ini Bisa Ukur Tekanan Darah Penggunanya

0

Bernas.id – Mengukur tekanan darah di masa depan bisa semudah menekan tombol di belakang ponsel Anda. Kemudian hasilnya akan terlihat di layar ponsel melalui aplikasi tertentu. Pasalnya, tim peneliti di Amerika Serikat tengah mengembangkan purwarupa pelindung ponsel yang yang mampu mengukur tekanan darah penggunanya secara real time. 

Perangkat yang dilengkapi dengan sensor khusus untuk mengukur tekanan darah itu diharapkan mampu mempermudah masyarakat dalam mengukur tekanan darah. Adapun hasil penelitian itu baru-baru ini diterbitkan dalam jurna Science Translational Medicine.

Ramakrishna Mukkamala, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian itu menyebut bahwa kemudahan mengukur tekanan darah dapat membuat masyarakat terhindar dari stroke. “Idenya adalah mencoba membuat pengukuran tekanan darah menjadi lebih praktis,” ungkap Mukkamala sebagaimana dikutip ABC. “Dengan cara itu kita mungkin bisa mencegah stroke dan serangan jantung,” imbuhnya.

Tekanan darah tinggi, yang juga dikenal dengan hipertensi adalah faktor utama stroke dan serangan jantung, yang antara lain bisa dicegah dengan mengubah gaya hidup. Namun, satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh penderita hipertensi hingga mereka terkena stroke atau serangan jantung adalah tidak peduli dengan tekanan darah mereka. “45% orang di negara berkembang menderita hipertensi tetapi tidak mengetahuinya,” kata Mukkamala.

Menurut Mukkamala, pergi ke dokter memang adalah langkah paling tepat untuk mengetahui tekanan darah. Namun, tidak semua orang bisa melakukan itu secara rutin karena keterbatasan waktu atau kendala yang lain, sehingga metode portabel untuk mengukur tekanan darah perlu diperkenalkan.

Mukkamala mengatakan bahwa perangkat yang ia ciptakan dilengkapi dengan sensor yang terhubung dengan aplikasi khusus. Cara kerjanya sama seperti metode pengukuran tekanan darah konvensional yang biasa dilakukan dengan cara meletakkan pengukur di lengan. Menurut Mukkamala, selama ini sebenarnya sudah banyak aplikasi yang menawarkan fungsi pengukuran tekanan darah. Namun, di antara aplikasi tersebut tidak ada yang dilengkapi sensor sebagaimana perangkat yang ia ciptakan. “Perangkat ini bekerja menggunakan apa yang disebut oscillometric, yaitu berdasarkan aliran darah di arteri,” jelas Mukkamala.  

Sayangnya, perangkat yang telah diuji coba pada 30 orang tersebut belum tersedia di pasaran. Rencananya, perangkat itu baru diproduksi secara massal pada 2020 mendatang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.