Berita Nasional Terpercaya

Di Pilkada Serentak 2018, Ini Harapan dari DPD

0

Bernas.id ? Ketua Komite I DPD RI Ahmad Muqowam berharap penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 dapat menghasilkan perubahan menjadi lebih baik bukan sekedar pesta demokrasi prosedural.

“Dari beberapa macam sistem pemerintahan demokrasi, saya melihat demokrasi Pancasila yang diterapkan di Indonesia masih yang terbaik,” kata Ahmad Moqowam, melalui pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (13/3).

Menurut dia, penerapan demokrasi Pancasila tersebut, salah satunya adalah penyelenggaraan Pilkada langsung secara serentak, seperti diatur dalam UU Pilkada.

Pilkada serentak tahun 2018 akan diselenggarakan di 171 daerah, meliputi 13 provinsi, 115 kabupaten, dan 15 kota, pada 27 Juni 2018.

Muqowam berharap, Pilkada serentak tahun 2018 menjadi momentum perubahan yang lebih baik bagi demokrasi di Indonesia.

Sementara itu, Kembali berpesan Presiden Jokowi menyebut agar hiruk pikuk pemilu, baik pemilu kepala daerah, pemilu legislatif maupun pemilu presiden 2019 tidak mengganggu kerukunan antarwarga di seluruh daerah Indonesia.

Pesan damai ini disampaikan di hadapan sekitar 3000 warga penerima sertifikat tanah dari lima kabupaten dan kota wilayah Jawa Barat di Gedung Pertemuan Radian Kabupaten Cirebon, Minggu (11/3).

“Pilkada, pemilu legislatif, pilpres hanya pesta demokrasi lima tahun, coblos saja, setelah itu ya rukun kembali,” kata Jokowi tegas.

Presiden menjelaskan bahwa sebentar lagi ada agenda politik pesta demokrasi yaitu ada pilkada, pemilu legiskatif dan Pilpres 2019.

“Saya titip, jangan sampai karena beda pilihan, kita jadi tidak rukun, kita jadi tidak bersaudara, tidak rukun antartetangga, antarkampung, jangan sampai tidak saling sapa hanya karena beda pilihan,” katanya.

Ia menyebutkan Indonesia merupakan negara besar dengan beragam suku bangsa, bahasa dan agama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.