Berita Nasional Terpercaya

Masalah Sampah di Indonesia, Ini Kata Menteri LHK

0

MAKASSAR, Bernas.id – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyampaikan dalam kurun waktu dua tahun terakhir penanganan masalah sampah telah banyak mengalami perubahan. Berbagai komunitas peduli sampah bersama pemerintah Indonesia telah bergerak membersihkannya.

Ia pun menanggapi pemberitaan yang menyebutkan Indonesia sebagai negara penyumbang kedua sampah plastik ke laut. Menurutnya, informasi tersebut menggunakan data tahun 2015. Sedangkan dalam kurun waktu dua tahun terakhir, berbagai komunitas peduli sampah bersama pemerintah Indonesia telah bergerak luar biasa.

?Dari tahun 2015 sampai sekarang sudah terjadi banyak perubahan di Indonesia, karena dinamika di masyarakat (peduli sampah) juga sangat tinggi,” katanya saat menghadiri rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (18/3/18).

Ia menjelaskan hampir 80 persen sampah laut berasal dari daratan. Sementara sisanya berasal dari laut dan dipengaruhi oleh arus dari tempat lain.

?Ada video viral sampah direkam di laut Bali pada tanggal 3 Maret. Sehari setelahnya di lokasi itu sudah nggak ada lagi sampahnya. Artinya sampah terbawa arus laut,” imbuhnya.

Kemenko Kemaritiman bersama dengan pemerintah daerah sudah mengambil langkah-langkah penanganan mengatasi sampah plastik di pantai dan laut di seluruh Indonesia. Kemenko Kemaritiman bekerjasama dengan World Bank juga melakukan kajian sampah plastik di laut pada 20 lokasi. Kota Denpasar, Bali, menjadi salah satu lokasinya.

Lebih lanjut, Pemerintah Indonesia juga telah berkomitmen mengurangi sampah plastik di laut sebanyak 70 persen dan mengurangi limbah melalui “reduce-reuse-recycle” sebanyak 30 persen pada 2025. Hal ini diperkuat melalui Peraturan Presiden (Perpres) 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.