Berita Nasional Terpercaya

Menkes: 90 Persen Produk Alat Kesehatan Impor

0

Bernas.id – Menteri Kesehatan (menkes) Nila Moeloek menyebut 90 persen produk alat kesehatan masih mengandalkan impor dari luar negeri. Untuk itu, Menkes Nila mendorong peningkatan produksi alat kesehatan nasional, khususnya pada alat kesehatan dasar untuk mengejar ketimpangan antara produk nasional dan impor.

Nila Moeloek meminta agar pemenuhan alat kesehatan dasar di setiap fasilitas layanan kesehatan di Indonesia tidak diimpor dan harus diproduksi industri dalam negeri.

“Alat kesehatan dasar ini kalau bisa jangan impor. Harus buatan kita sendiri,” kata Menkes dalam acara lokakarya Peningkatan Kemanfaatan Alat Kesehatan Dalam Negeri di Balai Kartini Jakarta, Senin (19/3).

Dijelaskan Menteri Nila, Indonesia masih mengimpor alat kesehatan dasar seperti pinset, gunting bedah khusus, dan lain-lainnya dengan harga murah dari India. Nila menjelaskan sebenarnya industri dalam negeri bisa memproduksinya, tapi saat ini belum ada industri nasional yang memproduksi alat-alat kesehatan dasar seperti pinset untuk mata, gunting bedah khusus untuk THT dan sebaginya.

Nila pun mendorong untuk peningkatan teknologi dan inovasi berbasis riset untuk produksi alat kesehatan nasional dengan menekankan pentingnya pengujian klinis untuk memastikan keamanan dan mutu alat kesehatan tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.