Berita Nasional Terpercaya

Sebelum Meninggal, Stephen Hawking Ungkap Rahasia Dunia Paralel

0

Bernas.id– Fisikawan Stephen Hawking meninggal dunia di kediamannya di Kota Cambridge, Inggris, pada Rabu (14/3/2018). Ilmuwan kelahiran kota Oxford pada 76 tahun lalu itu sempat memberikan kesan berkat pemikirannya tentang semesta dan waktu.

Sebelum wafat, Hawking disibukkan oleh karya tulisnya berjudul A Smooth Exit from Eternal Inflation (Jalan Keluar Mulus dari Inflasi Abadi). Dalam karya tulis tersebut, ia menyampaikan teori kemungkinan untuk menemukan dunia paralel dan juga memprediksi hari akhir.

Dikutip dari Business Insider, Selasa (20/3/2018), Stephen Hawking percaya umat manusia bisa menemukan semesta-semesta lain menggunakan penyelidikan pesawat antariksa.

Masih dalam karya tulis yang sama, Hawking berteori kalau semesta kita kelak akan gelap gulita karena bintang-bintang akan kehabisan energi.

Dalam penelitiannya itu, Hawking dibantu oleh Profesor Thomas Hertog dari Universitas Katolik Leuven. Sepuluh hari sebelum Hawking meninggal, karya tulis tersebut berhasil mendapatkan revisi terbaru.

Hertog menyesalkan tidak adanya hadiah Nobel yang didapatkan sang fisikawan ketika ia masih hidup.

Sekarang, Stephen Hawking tidak bisa mendapat hadiah Nobel karena hadiah tersebut tidak bisa diberikan secara anumerta.

Hawking lahir pada 8 Januari 1942, tepat 300 tahun sejak kematian Galileo Galilei di Oxford, Inggris. Ayahnya bernama Frank, sedangkan ibunya bernama Isobel.

Kedua orangtua Hawking belajar di Universitas Oxford. Stephen pun turut menempuh studi fisika dan kimia di universitas yang sama. Setelah selesai di Oxford, Stephen Hawking melanjutkan studinya di Universitas Cambridge untuk mendalami ilmu kosmologi.

Baca juga 8 Hal Mengejutkan dari Pemikiran Stephen Hawking. Yang Terakhir Bikin Pemuka Agama Meradang

Awalnya, Hawking sempat depresi akibat penyakitnya, bahkan dokter mengatakan ia hanya bisa hidup selama dua tahun. Untunglah ia tidak menyerah, dan berhasil menghasilkan tesis berjudul Properties of Expanding Universes (Sifat-sifat Semesta yang Meluas).

Dia juga telah menulis banyak sekali buku, beberapa di antaranya adalah A Brief History of Time (Sebuah Sejarah Singkat Waktu), Blackholes and Baby Universes (Lubang-lubang Hitam dan Bayi-bayi Semesta), dan The Theory of Everything (Teori dari Segalanya).

Kisah hidupnya telah menginspirasi banyak orang, dan telah diangkat dalam film berjudul Theory of Everything. Aktor Eddie Redmayne yang memerankan Hawking berhasil meraih piala Oscar berkat aktingnya di film itu.  

Leave A Reply

Your email address will not be published.