Berita Nasional Terpercaya

Google Rayakan 105 Tahun Kelahiran Ahli Astronomi Guillermo Haro

0

Bernas.id – Seraut wajah samar-samar muncul di antara formasi bintang pada Google Doodle hari ini, Rabu, 21 Maret 2018. Wajah itu adalah Guillermo Haro, seorang ahli astronomi dari Meksiko.

Formasi bintang dalam Google Doodle tersebut tampak menghiasi langit yang didominasi warna biru dengan semburat merah di bagian garis katulistiwa. Ini menggambarkan galaksi biru dengan emisi garis (Haro Galaxy) yang merupakan salah satu penemuan pria kelahiran 21 April 1913 tersebut.

Guillermo Haro tumbuh di tengah pergolakan Revolusi Meksiko. Ia mulai melakukan observasi astronomi pada 1943 di Harvard College Observatory.

Haro dan rekannya menemukan bintang suar, hingga agregat bintang dari berbagai usia. Ia sangat intens mendeteksi bintang-bintang suar, yang dilakukan hingga akhir hayatnya.

Guillermo Haro juga menemukan sejumlah bintang T Tauri, satu supernova, lebih dari 10 novae, dan satu komet.

Baca juga Google Doodle Rayakan Ultah ke-97 Bapak Film Nasional Usmar Ismail

Kontribusinya terhadap ilmu astronomi membuat namanya menjadi salah satu sosok yang sangat berpengaruh, terlebih pada perkembangan astronomi di Meksiko.

Tahun 1959, dia adalah orang pertama yang terpilih menjadi anggota Royal Astronomical Society dari negara berkembang.

Peninggalannya akan ilmu astronomi diwariskan dalam National Institute of Astrophysics, Optics, and Electronics yang didirikannya untuk mendukung mahasiswa sains. Lembaga tersebut menjalankan sebuah observatorium yang diberi nama sesuai nama Guillermo Haro di Sonora, Meksiko.

Kalau kamu melihat bintang malam ini, carilah tiga bintang, selaras. Formasi bintang ini dikenal sebagai 'Three Sisters', yang merupakan bagian dari rasi Orion. Rasi bintang ini adalah salah satu penemuan Guillermo Haro yang membuatnya kondang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.