Google Rayakan 105 Tahun Kelahiran Ahli Astronomi Guillermo Haro

Bernas.id – Seraut wajah samar-samar muncul di antara formasi bintang pada Google Doodle hari ini, Rabu, 21 Maret 2018. Wajah itu adalah Guillermo Haro, seorang ahli astronomi dari Meksiko.

Formasi bintang dalam Google Doodle tersebut tampak menghiasi langit yang didominasi warna biru dengan semburat merah di bagian garis katulistiwa. Ini menggambarkan galaksi biru dengan emisi garis (Haro Galaxy) yang merupakan salah satu penemuan pria kelahiran 21 April 1913 tersebut.

Guillermo Haro tumbuh di tengah pergolakan Revolusi Meksiko. Ia mulai melakukan observasi astronomi pada 1943 di Harvard College Observatory.

Haro dan rekannya menemukan bintang suar, hingga agregat bintang dari berbagai usia. Ia sangat intens mendeteksi bintang-bintang suar, yang dilakukan hingga akhir hayatnya.

Guillermo Haro juga menemukan sejumlah bintang T Tauri, satu supernova, lebih dari 10 novae, dan satu komet.