Berita Nasional Terpercaya

Selain Ketahanan, Diversifikasi Tingkatkan Konsumsi Kelompok Pangan Ini

0

Bernas.id – Pemerintah menyatakan bahwa diversifikasi pangan akan mendorong pembangunan ketahanan pangan di Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan). Langkah diversifikasi pangan tersebut akan meningkatkan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (21/3), Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (BKP Kementan), Agung Hendriadi mengatakan, program diversifikasi pangan bukan hanya diversifikasi karbohidrat, tapi juga mendorong konsumsi pangan beragam dan bergizi seimbang.

“Ini termasuk untuk sumber protein maupun vitamin dan mineral. Untuk merealisasikannya, dapat dilakukan secara horizontal, vertikal, dan regional,” terang Agung.

Dijelaskan Agung, secara horizontal akan dilakukan dengan memanfaatkan aneka bahan makanan. Sedangkan vertikal, akan dilakukan variasi cara pengolahan.

“Secara regional, dengan memanfaatkan produk pangan unggulan yang sesuai dengan kondisi agroklimat dan daya dukung daerah,” ujar Agung.

Agung ingin diversifikasi nantinya meningkatkan konsumsi kelompok pangan hewani, kacang-kacangan, sayur-sayuran, serta buah-buahan. Sebab, skor Pola Pangan Harapan (PPH) 2017 sebesar 90,1 didominasi konsumsi padi-padian, minyak dan lemak, serta gula.

“Sedangkan konsumsi kelompok pangan hewani, kacang-kacangan, serta sayuran dan buah, masih kurang dari jumlah yang dianjurkan,” ungkapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.