Berita Nasional Terpercaya

Menteri BUMN: Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dimulai April

0

BANDUNG, Bernas.id ? Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyampaikan pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung segera dimulai pada April 2018. Proyek kereta cepat dua provinsi ini sudah diinisiasi sejak 2015 lalu, namun karena menemui sejumlah kendala maka pengerjaannya tertunda hingga tahun ini.

“Kami harap pembangunan di April mulai cepat. Kelihatannya April ini bisa kami push dengan cepat,” ungkap Menteri Rini saat melakukan kunjungan kerja di Desa Kanangasari, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (21/3/18) pagi.

Menteri BUMN menyampaikan kereta cepat Jakarta-Bandung sempat menjadi proyek kontroversial beberapa waktu lalu. Namun, Rini menilai bila memperhatikan kebutuhan di masa mendatang, kehadiran kereta cepat dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya sangat penting. Hal itu karena Jakarta dan Bandung akan jadi kota metropolitan besar, ditambah dengan kepadatan di jalan tol yang semakin tidak memadai bagi pengguna kendaraan.

Pembangunan proyek ini adalah hasil konsorsium BUMN Indonesia dan konsorsium perusahaan China. Nilai proyek kereta cepat ini ditaksir mencapai 5,9 miliar dolar AS atau Rp 79,6 triliun dengan perhitungan kurs 1 dolar AS = Rp 13.500.

Leave A Reply

Your email address will not be published.