Berita Nasional Terpercaya

Jokowi Panggil Menteri, Tarif Tol Bakal Lebih Murah

0

JAKARTA, Bernas.id – Presiden Joko Widodo memanggil para menteri dan pemilik jalan tol untuk membahas rencana penurunan tarif di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (22/3/18).

Para menteri yang dipanggil antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Kemudian, pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), serta perusahaan pengelola jalan tol di antaranya Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Direktur Astra Infrastruktur Wiwiek D Santoso.

“Beliau menanyakan tarif tol ini bagaimana cara menghitungnya, dia mendengar keluhan para pengemudi,” ujar Menteri PUPR Basuki usai dipanggil Presiden di lingkungan Istana Kepresidenan.

Selama empat dekade, dari tahun 1980-an hingga tahun 2000-an ruas tol dari Jagorawi ke Palimanan Kanci tarifnya Rp 212-416 per Kilometer.

“Sedangkan 2000-2010 ini, seperti contohnya Tol Ulujami dan Cipulang ini Rp 709 per km. Pada tahun 2011 Surabaya, Mojokerto, Bogor, Bali ini Rp 900-1000 per km. Untuk 2015 ini yang baru beroperasi hingga 2018 nanti ini Rp 750-1500 per km. Ini yang disebut mahal,” jelasnya lagi.

Ia menambahkan jika dilihat dari inflasi, biaya kontruksi, pajak, bunga, maka wajar tarif tol tersebut.

“Kemudian, gimana caranya menurunkan ini (tarif tol) kan tergantung konsesinya. Sepanjang konsesinya, ini rata-rata 35-40 tahun. Kami membuat opsi penurunan tarif dengan menambah masa konsesi,” imbuhnya.

Menurutnya, langkah lain dengan mengubah komposisi golongan logistik dari golongan 2,3,4 dan 5 menjadi golongan 2 dan 3 saja. Sehingga, kalau dihitung-hitung misalnya dari Rp 115.000-Rp 144.000 bisa menjadi Rp 96.000. Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penurunan tersebut karena banyak angkutan logistik yang enggan menggunakan jalan tol dinilai tarifnya terlalu mahal.

 “Ini dalam rangka memberikan kemudahan dan kemurahan tarif tol untuk mendukung logistik yang lebih murah,” kata Budi Karya.

Ia mengatakan penurunan tarif tol sudah dikaji di tingkat kementerian. Jika peraturannya sudah ada maka tarif bisa langsung turun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.