Berita Nasional Terpercaya

Integrasi Perpustakaan PT Hemat Anggaran

0

Bernas.id – Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando menyebut penggabungan atau pengintegrasian perpustakaan perguruan tinggi (PT) akan menghemat anggaran hingga Rp3,7 triliun, hanya dari langganan jurnal internasional saja.

“Dengan penggabungan perpustakaan perguruan tinggi ini mampu menghemat anggaran hingga triliunan rupiah. Misalkan untuk anggaran langganan jurnal internasional saja masing-masing perguruan tinggi mengeluarkan biaya Rp1 miliar, ada 4.000 perguruan tinggi kita. Tapi melalui Perpusnas, hanya mengeluarkan anggaran Rp300 miliar dan bisa diakses semua jurnal internasional yang ada,” ujar Muhammad Syarif Bando di Jakarta, Jumat (23/3).

Sebelumnya, sebanyak 42 perpustakaan perguruan tinggi melakukan penandatanganan nota kesepahaman pengintegrasian dengan Perpusnas di Pangkal Pinang, Bangka Belitung.

Dikatakan Syarif, untuk langganan jurnal, mungkin untuk kampus negeri yang besar tidak mengalami kendala. Akan tetapi yang menjadi kendala bagi kampus swasta yang kecil-kecil.

“Mungkin Rp16 miliar untuk langganan jurnal internasional bagi Universitas Indonesia atau Universitas Gadjah Mada tidak masalah. Tapi bagi kampus swasta kecil, Rp1 miliar saja mungkin susah untuk langganan jurnal internasional. Namun dengan bergabung dengan Perpusnas, maka mereka akan mudah mengakses jurnal internasional.”

Syarif menjelaskan Perpusnas dengan aplikasi INLISLite akan mengintegrasikan sejumlah perpustakaan yang sudah melakukan kerja sama.

“Dengan aplikasi ini, maka aplikasi apa pun yang dipakai perpustakaan perguruan tinggi lainnya akan bisa dimigrasikan datanya sehingga nanti misalnya yang di Bangka Belitung ingin mengakses perpustakaan di Uncen Manokwari, UGM Yogyakarta, di Unibraw Malang itu yang menjadi anggota online perpusnas akan difasilitasi Indonesia OneSearch (IOS ) untuk bisa masuk kedalam aplikasi yang berlaku secara nasional dan bisa membaca apa saja yang ada di sana,” papar Syarif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.