Berita Nasional Terpercaya

Kemdikbud Garap Karavan Seni Budaya di 3 Negara

0

JAKARTA, Bernas.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tengah merancang sebuah karavan seni dan budaya Indonesia yang akan dilaksanakan di tiga negara. Hal ini menyusul kesuksesan penyelengaraan Festival Seni Europalia Indonesia yang berlangsung pada 10 Oktober 2017-21 Januari 2018 lalu.

“Yang sudah kami bayangkan ada tiga negara yang akan disusuri, yaitu Inggris, India, dan satu negara Amerika Latin,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud Hilmar Farid di sela-sela Malam Persahabatan Europalia di Jakarta, Kamis (22/3/18).

Kegiatan yang akan mengajak para seniman, sastrawan, dan budayawan bepergian menggunakan bus ini untuk membawa pengertian baru mengenai Indonesia kepada masyarakat di negara-negara yang akan didatangi.

“Komunikasi budaya ini sangat penting. Jadi, publik asing tidak hanya tahu Indonesia dari membaca berita, tetapi mereka bisa melihat dan berinteraksi langsung,” jelas Hilmar.

Selama proses mempersiapkan karavan internasional yang rencananya dilaksanakan pada 2019, Hilmar juga tengah mengorganisasi sebuah platform seni budaya yang akan mirip dengan Europalia, yakni Indonesiana. Festival seni dan budaya yang akan diselenggarakan di delapan wilayah Indonesia pada Juli-September 2018 ini akan kembali melibatkan sebagian seniman yang telah tampil dalam Europalia.

Kali ini, Pemerintah pusat akan menjadi panitia nasional yang bertanggung jawab atas pendistribusian sumber daya termasuk orang-orang yang terlibat, mobilitas, termasuk mengundang tamu-tamu dari luar negeri untuk datang ke festival tersebut dengan biaya sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.