Berita Nasional Terpercaya

Pertama Kali di Dunia, Air India Lintasi Langit Saudi ke Israel

0

Bernas.id ? Pesawat Air India menjadi pesawat pertama di dunia yang diizinkan melintasi wilayah udara atau langit Arab Saudi untuk menuju Israel. Momen ini digambarkan media Israel sebagai tanda peningkatan hubungan ?di balik layar? antara Riyadh dan Tel Aviv.

Penerbangan perdana Air India 139 lepas landas dari New Delhi pada pukul 12.30 siang pada hari Kamis (22/3). Flightradar24.com menyebut, pesawat melewati Oman sebelum melintasi wilayah udara Saudi. Penerbangan berlanjut dan mendarat di Tel Aviv tak lama sekitar pukul 22.00 malam atau setelah terbang selama tujuh jam.

?Ini adalah momen bersejarah,? kata Menteri Transportasi Israel, Yisrael Katz, kepadaAFP dalam bahasa Ibrani.

?Ini adalah pertama kalinya ada hubungan resmi antara negara Israel dan Arab Saudi,? lanjut Katz, dikutip pada Jumat (23/3/2018).

Pihak maskapai Air India membenarkan bahwa pesawatnya resmi diizinkan melewati wilayah udara Saudi untuk terbang ke Israel. ?Kami akan terbang tanpa henti dari New Delhi ke Tel Aviv mulai 22 Maret atas wilayah udara Saudi,? kata juru bicara Air India Praveen Bhatnagar kepada AFP menjelang penerbangan.

Momen langka ini mengakhiri larangan penggunaan wilayah udara Saudi oleh pihak Riyadh untuk setiap pesawat komersial yang terbang ke Israel. Larangan ini sebelumnya telah berlaku selama puluhan tahun.

Arab Saudi dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik secara resmi, seperti sebagian besar negara Arab. Mesir dan Yordania adalah satu-satunya dua negara Arab yang memiliki perjanjian damai dengan Israel.

Persetujuan Saudi untuk penggunaan wilayah udaranya oleh pesawat komersial yang terbang ke Israel muncul setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggambarkan hubungan dengan dunia Arab mengalami masa yang terbaik. Netanyahu menyebut, negaranya dan dunia Arab memiliki keprihatinan bersama atas ancaman Iran.

Pemerintah Arab Saudi belum berkomentar atas terbitnya izin penggunaan wilayah udaranya untuk pesawat komersial yang terbang ke wilayah Israel. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.