Berita Nasional Terpercaya

Persiapkan Stok Pangan Lebaran, Mendag: Harga Aman Tak Ada Gejolak

0

BANDUNG, Bernas.id ? Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukito menyampaikan stok dan harga bahan pokok memasuki bulan Mei atau awal puasa nanti masih aman.

“Harga aman sebenarnya harga ini tidak lagi ada gejolak. Itu satu yang positif. Kemudian tren penurunan. Tetapi sekarang, penurunan ini tidak terjadi drastis. Tapi secara gradual sehingga awal april ini kita proyeksikan menjelang masuk pertengahan Mei awal puasa itu sudah terkendali di bawah harga tergerai dengan HET,” ungkap Enggartiasto usai Rapat Koordinasi Nasional, “Stabilisasi Harga dan Stok Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran 2018” di Hotel el Royale Bandung, Kota Bandung, Jumat (23/3/18).

Menurutnya, seluruh beras yang tersedia di Bulog akan masuk ke pasar. Mendag juga meminta masyarakat agar tidak khawatir tentang stok beras karena panen raya akan segera dilakukan. Hasil panen raya bisa menjadi cadangan stok beras baru.

“Panen raya akan segera kita alami. Ini semua akan jadi cadangan baru. Jadi tidak perlu ada kekhawatiran. Saya ingatkan kembali kepada pedagang pengusaha, lepaskanlah harga barang itu dengan rendah,” imbuhnya.

Saat disinggung soal impor beras, Enggar mengatakan bahwa impor beras ini tidak perlu jadi soal.

“Pokoknya tugas kita menyediakan stok beras dengan prioritas itu dari dalam. Berapapun panen sesuai dengan impres 5 pasti akan diserap, petani tidak akan rugi, yang terpotong ini para tengkulak,” imbuhnya.

Enggartiasto menekankan bahan pokok akan dipersiapkan lebih matang karena awal puasa berlangsung pada pertengahan bulan Mei.

Leave A Reply

Your email address will not be published.