Berita Nasional Terpercaya

ITS Buat Kapal Survei Otomatis Pertama

0

Bernas.id – Departemen Teknik Geomatika bekerjasama dengan Departemen Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuat kapal tanpa awak mampu bergerak otomatis memantau keadaan bawah laut melalui survei hidro-oseanografi yang dinamakan “Geomarine 1”.

Ketua tim penelitian Danar Guruh Pratomo ST MT PhD, di Surabaya, Sabtu (24/3), menjelaskan kapal ini merupakan “Autonomous Unmanned Surface Vehicle” (A-USV) atau kapal tanpa awak yang dapat bergerak secara mandiri untuk survei hidro-oseanografi.

“Tidak seperti wahana survei hidro-oseanografi konvensional lainnya, A-USV ini merupakan kapal survei yang menerapkan teknologi otomasi pertama di Indonesia,” katanya lagi.

Dijelaskan Danar, A-USV bekerja menggunakan sensor optik dan akustik untuk dapat mengetahui keadaan di bawah permukaan laut.

A-USV dilengkapi dengan sistem navigasi “Global Navigation Satellite System” (GNSS) dan sensor optik untuk mengetahui posisi dan keadaan di sekitar permukaan perairan.

Untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan perairan, A-USV Geomarine 1 juga dilengkapi dengan kamera bawah air dan sensor akustik (echosounder).

Sensor akustik yang dipunyai A-USV ini memiliki kemampuan melakukan “down imaging” untuk mengukur kedalaman air dan side imaging scan yang berfungsi untuk mengetahui gambaran di dasar perairan dan sebaran sedimen dasar laut.

Dalam pengopreasiannya, operator harus memprogramkan jalur survei pada sistem komputasi kapal terlebih dahulu dan kapal akan berjalan sesuai dengan jalur yang telah diprogram.

Selain itu, A-USV dilengkapi dengan “collision avoidance system”, sehingga kapal ini dapat menghindar secara otomatis apabila di depannya terdapat hambatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.