Berita Nasional Terpercaya

Jangan Asal Pilih! Ini Tips Memilih Helm yang Tepat bagi Kepala Kita

0

Bernas.id ? Buat kamu yang sering berkendara dengan motor,wajib hukumnya untuk selalu memakai helm. Eh, tapi pilihan helm kamu itu udah tepat belum? Jangan-jangan malah kurang dari segi pengamanannya.

Beragam model helm memang banyak sekali di pasaran. Harganya pun variatif tergantung seperti apa helm tersebut. Namun perlu diingat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli helm.

1. Standar Mutu

Ini sih udah pasti. Cari helm yang minimal sudah lulus uji SNI ya. Hal ini bakal berpengaruh ke segi keamanan. Jadi, tidak sekadar memilih karena desainnya bagus saja ya.

2. Kenyamanan

Sebelum fix membeli helm, pastikan kamu sudah mencoba helm itu dulu. Coba deh rasakan bahan yang dipakai. Kira-kira apakah nyaman atau tidak. Kalau tidak, ada baiknya pilih yang lain. Sebab memakai helm itu sepanjang waktu ke mana-mana saat naik motor. Bahan berkualitas penting untuk menentukan perlindungan kepala juga saat nantinya ada kejadian terburuk, misal jatuh.

3. Ada Liner

Pilih helm yang punya liner atau bagian dalam yang dapat dilepas juga ya. Liner yang dapat dilepas ini membuat perawatan lebih mudah. Dapat dicuci saat diperlukan dan dapat diganti saat membutuhkan penggantian,.

Umumnya, liner itu sendiri bisa bertahan dua sampai tiga tahun. Harganya berkisar dari Rp150.000. Mungkin sepele, tapi sebaiknya saran ketiga ini juga diikuti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.