Berita Nasional Terpercaya

Kemenpora Matangkan Pencak Silat Bisa Dipertandingkan di Olimpiade

0

JAKARTA, Bernas.id ? Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) masih mematangkan tahapan cabang olahraga pencak silat untuk bisa dipertandingkan di olimpiade dengan memanfaatkan Asian Games 2018. Perhelatan ini bisa menjadi batu loncatan.

Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora, Marheni D Kusumawati menyampaikan salah satu upaya yang dilakukan adalah mencari masukan dari pihak terkait guna memastikan tahapan yang harus dilakukan.

“Kami (Kemenpora) mengambil inisiatif mengundang Persilat dan PB IPSI untuk memastikan gambaran lebih utuh serta bagaimana strategi untuk membawa pencak silat ke olimpiade,” ungkapnya lewat keterangan tertulis.

Baca Juga Identitas Diri Bangsa, Disbudpar Garut Majukan Pencak Silat

Tak hanya melibatkan Persilat dan PB IPSI dalam diskusi tersebut pihak Kemenpora mengundang perwakilan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pencak silat penyebaraannya cukup luas dan sudah ada 93 negara yang memiliki asosiasi pencak silat. Akan tetapi untuk bisa dipertandingkan pada olimpiade banyak syarat yang harus dipenuhi selain harus memenuhi suatu syarat administrasi dan teknis yang harus dipersiapkan. Pencak silat merupakan olahraga tradisional asal Indonesia. Saat ini upaya untuk mempertandingkan dikejuaraan multi event internasional terus dilakukan. Dalam waktu dekat, pencak silat bakal dipertandingkan di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.