Berita Nasional Terpercaya

Tepis Pengibulan, Jokowi Ajak Warga Penerima Angkat Tinggi-tinggi Sertifikatnya

0

BANJARMASIN, Bernas.id – Presiden Joko Widodo menyaksikan pembagian sertifikat tanah kepada 3.630 kepala keluarga yang hadir di GOR Rudi Rusnawan, Kota Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (26/3/18). Sertifikat tanah yang dibuat ini untuk menghindari sengketa lahan rakyat.

“Diangkat tinggi-tinggi, biar kelihatan semuanya bahwa sertifikat sudah diserahkan dan betul-betul sertifikat ini sudah menjadi hak milik bapak ibu sekalian dan bukan pengibulan,” ujar pria yang akrab disapa Jokowi dalam sambutannya.

Kepala Negara itu menegaskan sertifikat tanah sudah diserahkan kepada seluruh masyarakat. Ia pun meminta agar masyarakat merawat baik-baik sertifikat masing-masing dengan disalin foto kopi. Sementara, masyarakat juga menyambut antusias saat Presiden Jokowi mengatakan sertifikat dapat diagunkan untuk modal yang produktif.

Meski begitu, ia mengingatkan agar warga teliti dalam menghitung risiko dan kalkulasi angsuran sebelum mengambil modal untuk usaha yang produktif.

“Memang sertifikat ini bisa kita mengakses untuk permodalan, mengakses ke lembaga keuangan tidak apa-apa. Silakan, tapi saya titip hati-hati kalau pinjam uang di bank,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Total sertifikat yang dibagikan di Kalimantan Selatan pada Senin yaitu sebanyak 5.640 sertifikat. Sebelumnya, pemerintah juga telah memberikan 130 ribu sertifikat di Provinsi Kalsel pada 2017. Sedangkan, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil menargetkan untuk membagikan sertifikat pada 2018 di Provinsi Kalsel sebanyak 180 ribu sertifikat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.