Berita Nasional Terpercaya

Ketua MPR: Penambahan Tiga Pimpinan MPR Perkuat Kelembagaan di Tahun Politik

0

JAKARTA, Berna.id ? Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyampaikan penambahan tiga pimpinan MPR akan memperkuat kinerja institusi negara tersebut. Utamanya, menjadikan Pancasila sebagai perilaku kehidupan sehari-hari masyarakat.

“Pelantikan ketiga Pimpinan MPR RI yang baru sudah siap, dan saya berharap penambahan Pimpinan MPR ini memperkuat tugas-tugas kelembagaan khususnya di tahun politik ini,” ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (26/3/18).

Pihaknya menilai perkembangan situasi kebangsaan saat ini khususnya di tahun politik yang akan menghadapi Pilkada 2018, Pemilu Legislatif (Pileg), dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019, membutuhkan penambahan kekuatan, yakni di unsur Pimpinan MPR. Menurutnya, tugas tiga Pimpinan MPR sudah diatur oleh Kesekjenan MPR namun yang terpenting adalah bagaimana nilai-nilai Pancasila menjadi perilaku kehidupan masyarakat Indonesia.

“Bagaimana Pancasila menjadi perilaku sehari-hari yang sekarang mulai gaduh, ya semua dipakai untuk politik,” katanya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu mengharapkan penambahan tiga Pimpinan MPR itu berkontribusi pada pembenahan sistem politik agar demokrasi Pancasila menghasilkan pemimpin yang mewakili dan melayani masyarakat. Menurutnya, hal itu berdasarkan keprihatinannya banyak calon kepala daerah dan terjerat kasus tindak pidana korupsi terutama menjelang Pilkada 2018 yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK.

“Lalu terkait pentingnya mewujudkan adanya haluan negara, itu sudah disepakati di MPR sehingga kedepannya bisa disiapkan dan dilaksanakan dengan baik,” tegas Zulkifli Hasan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.