Berita Nasional Terpercaya

Jokowi Sebut 17 Tahun Lalu di Uni Emirat Urus Izin Cukup 1 Jam, Indonesia?

0

JAKARTA, Bernas.id ? Presiden Joko Widodo menceritakan pengalamannya yang sulit mengurus izin untuk usaha. Hal itu disampaikan saat silaturahim dengan pengguna fasilitas kepabeanan di PT Samick Indonesia, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa (27/3/18) sore.

“Waktu saya Gubernur, saya coba mau mengurus yang namanya SIUP. Saya datang ke kantor PTSP. Saya bawa persyaratannya, datang ke front desk. Saya minta izin, minta SIUP. Hanya dua menit, kenapa keluhan yang datang ke saya SIUP itu sampai dua minggu?” terang pria yang akrab disapa Jokowi itu.

Menurutnya, setelah dicari tahu ternyata yang membuat proses pengajuan SIUP hingga dua minggu karena menunggu tanda tangan kepala kantornya. Mendengar hal tersebut kala itu, Jokowi sangat jengkel, bahkan langsung ke lantai tiga mau menghampiri kepala kantor, namun saat itu orangnya tidak ada.

Tak hanya itu, Jokowi juga pernah mengalami kesulitan mengurus restitusi pajak. Restitusi merupakan permohonan pengembalian kelebihan pembayaran pajak yang dilakukan oleh Wajib Pajak.

“Saya pernah cerita ke Pak Dirjen, dulu ngurus restitusi hampir setahun. Kapok saya enggak mengurus lagi setelah itu. Enggak saya urus, lebih banyak pusingnya daripada dapat uang restitusinya,” katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas membandingkan mengurus izin usaha ketika belasan tahun lalu ke Uni Emirat Arab. Ia mengaku saat itu sudah bisa dapat izin usaha untuk bangun pabrik, kantor, gudang, hingga showroom di sana dalam waktu kurang dari satu jam saja.

“Itu sudah 17-18 tahun lalu. Di sini pun, saya maunya seperti itu,” ujar Jokowi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.