Berita Nasional Terpercaya

Pemda Harus Inovatif Kembangkan Destinasi Wisata

0

Bernas.id – Pemerintah Daerah di Indonesia harus lebih inovatif mengembangkan sektor pariwisata agar tidak tertinggal jauh dibanding destinasi wisata yang sudah lebih populer di mata internasional seperti Bali, Yogyakarta dan Kepulauan Riau, Sabtu (31/3).

“Sejauh ini aliran masuk wisatawan mancanegara masih di dominasi Bali dan Yogyakarta. Untuk itu daerah lainnya harus lebih kreatif dan memiliki konsep yang jelas dalam menciptakan destinasi baru agar menarik minat wisatawan terutama wisatawan mancanegara,” kata Kepala Bidang Pemasaran Area IV untuk wilayah Indochina, Kementerian Pariwisata, Heri Hermawan dilansir dari Antara.

Dikatakan Heri di sela-sela Vietnam International Travel Mart (VITM) 2018 di Hanoi International Center for Exhibition, Vietnam,  sangat disayangkan jika “kue pariwisata” hanya dinikmati industri pariwisata di Bali, Yogyakarta. Padahal permintaan wisatawan asing untuk mengunjungi daerah lainnya di Indonesia sangat tinggi.

Masing-masing daerah memiliki keunggulan, imbuh Heri, di antaranya potensi pada wisata alam seperti laut dan pegunungan, wisata belanja, wisata sejarah dan budaya.

“Semua potensi itu harus digarap serius, melakukan eksplorasi, aktif berpromosi, membuka informasi seluas-luasnya sehingga tercipta peluang bisnis yang pada akhirnya diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat sekitarnya,” jelasnya.

Pada VITM 2018 di Hanoi, lanjut Heri, pengunjung umumnya menanyakan destinasi Bali dan Yogyakarta yang kepopulerannya sudah mendunia. Untuk itu, kelebihan permintaan ke Bali dan Yogyakarta seharusnya dapat dijadikan peluang daerah lainnya untuk menarik wisatawan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.