Berita Nasional Terpercaya

Ngopi Bareng, SBY Bercerita Kenangan Manis dengan Kota Jogja

0

Bernas.id- Presiden Keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) helat acara Ngopi Bareng di Angkringan Pendopo Lawas Yogyakarta. Para tamu undangan dan awak media tampak memenuhi ruangan pendopo, Minggu malam(8/4).

SBY pun menceritakan kenangan manis terhadap kota Jogja. “Jogjakarta pada tahun 1995 kalau diingat, tahun itu adalah tahun awal dari transisi pemerintahan RI Presiden Suharto ke pemerintahan orde reformasi. Ingat, dari 95 sampai 1998 hanya 3 tahun berselang. Situasi sosial & politik waktu itu boleh dikatakan hangat. Dan menjelang 1997-1998 makin panas,” bebernya.

Lanjut SBY bercerita sampai terjadi perubahan besar di negeri ini pada tahun 1998. “Yang jelas waktu itu tugas saya sebagai Komandan Korem tentu berkomunikasi dengan publik seraya menjaga stabilitas sosial, politik, dan keamanan. Ingat waktu itu dwi fungsi ABRI masih menjadi doktrin dari ABRI. Saya ingat betul Jogjakarta ini berbeda dengan daerah-daerah yang lain. Boleh dikatakan khas atau unik. Baik dari segi politik, dari segi sosial, dari segi budaya, dan hubungan di antara negara pemerintah dengan rakyat,” ujar ceritanya.

Banyak suka duka, lanjut SBY, banyak kenangan waktu itu salah satu di antaranya bagaimana berkomunikasi dengan mahasiswa yang sangat kritis, sangat dinamis dan kerap melontarkan kritik-kritik dari yang halus sampai yang keras kepada negara, kepada pemerintah.” (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.