Berita Nasional Terpercaya

Begini Perubahan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD DIY di Pemilu 2019

0

Bernas.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY telah mengumumkan kategori daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi DPRD kabupaten/kota di DIY untuk Pemilu 2019. Terdapat perubahan di beberapa wilayah berdasarkan beberapa prinsip seperti perubahan jumlah penduduk dan administrasi wilayah, disertai pertimbangan dari berbagai pihak seperti parpol dan akademisi.

Ketua Divisi Teknis KPU DIY Tri Guno Tjahjoko menerangkan, untuk Kabupaten Bantul, dapil dan kursi tetap. Untuk Sleman, Kulonprogo dan Kota Jogja, dapil tetap, namun alokasi kursi berubah. Sementara untuk Gunungkidul, sebagian dapil dan alokasi kursi berubah.

“Untuk Kota Jogja dapil 4, wilayah Gondokusuman dan Danurejan, pada pemilu 2014 7 kursi. Pada pemilu 2019 berkurang menjadi 6 kursi. Sementara dapil 5, Umbulharjo dan Kotagede, pada pemilu 2014 9 kursi, pemilu 2019 menjadi 10 kursi,” terang Tri di kantor KPU DIY, Jumat (13/4/2018).

Ia meneruskan, untuk Sleman, dapil 3, Ngemplak, Kalasan, dan Prambanan, jumlah kursi naik dari 8 kursi menjadi 9 kursi. Sedangkan untuk dapil 4, wilayah Depok dan Berbah, turun dari 9 kursi menjadi 8 kursi.

“Untuk kabupaten Kulonprogo dapil 1, Temon, Wates, dan Panjatan, turun dari 11 kursi menjadi 10 kursi. Sementara untuk dapil 5, wilayah Galur dan Lendah naik dari 6 kursi menjadi 7 kursi,” papar Tri Guno.

Ia meneruskan, untuk Kabupaten Gunungkidul, dapil 1, Playen dan Wonosari, untuk pemilu 2019 ada 9 kursi. Sebelumnya, pada pemilu 2014, dapil 1 terdiri dari Wonosari, Playen, dan Semanu dengan 12 kursi. Untuk dapil 4, Girisubo, Rongkop, Tepus, dan Semanu, alokasinya 9 kursi. Pada pemilu 2014, dapil 4 terdiri dari Tepus, Rongkop, Girisubo, dan Tanjungsari, dengan 8 kursi.

“Gunungkidul dapil 5 terdiri dari Paliyan, Panggang, Saptosari, dan Purwosari, alokasinya 9 kursi. Pemilu sebelumnya wilayahnya sama tetapi hanya 7 kursi. Berbagai penambahan dan pengurangan kursi dilakukan dengan mempertimbangkan pertambahan dan pengurangan jumlah penduduk,” tandasnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.