Berita Nasional Terpercaya

Festival Film Puskat Kembali Digelar. Ini Temanya…

0

Bernas.id – Festival Film Puskat yang kini memasuki tahun keempat digelar lagi. Terinspirasi dari sila kelima Pancasila, “Mencari Keadilan Membangun Budaya Damai” menjadi tema dari penyelenggaraan kali ini.

“Mengapa Pancasila, karena tampaknya akhir-akhir ini ada orang-orang yang menggoyang bangsa ini dengan separatisme,” ujar Romo Murti Hadi Wijayanto SJ, selaku ketua panitia Festival Film Puskat 2018, Senin (16/4/2018).

Ia memaparkan, festival kali ini masih memiliki dua kategori, yakni dokumenter dan film pendek. Untuk kategori film pendek, dengan tema ini, menurutnya membutuhkan kreativitas yang lebih untuk menerjemahkan tema ke dalam sebuah cerita.

“Akan sangat menggembirakan bagi Festival Film Puskat 2018 ini jika banyak film yang masuk terkait tema keadilan sosial ini,” ujar dia.

Murti meneruskan, ada tiga gambaran tema yang bisa masuk seleksi Festival Film Puskat 2018. Yang pertama adalah tema-tema kemiskinan atau kesenjangan sosial. Yang kedua terkait keadilan secara harafiah, seperti peradilan yang tidak adil, atau diskriminasi hak kaum minoritas. Yang ketiga adalah terkait tema yang positif, yang berarti ada “kabar baik” untuk masa depan negeri ini.

“Jika ada sebuah wilayah di negeri ini yang lebih maju adil, dan sejahtera karena kreativitas masyarakatnya, atau tokoh-tokoh masyarakat setempat tentu bisa masuk dalam kategori Festival Film Puskat kali ini,” sambung Murti.

Untuk pendaftaran bisa dilakukan mulai 16 April 2018 dengan mengisi formulir pendaftaran online lewat savpuskat.or.id. Batas akhir pendaftaran adalah tanggal 15 September 2018. Puncak acara pengumuman pemenang peraih Ruedi Hofmann Media Awards akan digelar pada 15 Oktober 2018. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.