Berita Nasional Terpercaya

UAJY Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Bappeda Bantul

0

Bernas.id – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pemerintah Kabupaten Bantul. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik (FT) UAJY, Sushardjanti Felasari, ST, MSc, CAED, PhD dengan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bantul, Fenty Yusdayati. Acara tersebut dilaksanakan pada Jumat (20/4) di Gedung Thomas Aquinas UAJY.

Memorandum of understanding (MoU) yang telah terjalin antara UAJY dan Pemerintah Daerah Bantul, maka FT merupakan wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya bidang pengabdian dan penelitian bagi para dosen FT.

Perjanjian ini sekaligus menunjukkan sinergi yang saling menguntungkan antara Bappeda Kabupaten Bantul dengan perguruan tinggi. Di satu sisi, Pemerintah membutuhkan sumber daya untuk mengkaji persoalan dan penataan di daerah. Sedangkan perguruan tinggi juga memerlukan wadah untuk melakukan pengabdian, khususnya bagi para dosen FT dalam PKS yang telah ditandatangani.

?Selain mereka meminta rekomendasi dari para ahli di bidangnya, juga menyiasati kebutuhan dana. Dalam skema perguruan tinggi, masalah tersebut dapat diselesaikan sebab dosen juga perlu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu penelitian dan pengabdian,? ujar Nikolaus Nino Ardhiasnyah, dosen sekaligus Wakil Dekan III FT Bagian Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama.

Dalam pelaksanaannya, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah menggarap master plan sesuai kebutuhan Bappeda Bantul. Pihaknya telah memiliki beberapa rencana pengembangan wilayah, seperti pariwisata. Contohnya berupa cekungan penampung (embung) di Imogiri. Nantinya akan terdapat dosen yang membantu pengembangan proyek tersebut dan terhitung sebagai pengabdian perguruan tinggi.

Kerja sama ini akan dilakukan di beberapa kecamatan, yakni Piyungan, Pandak, Bantul, dan Pleret. Bantuan dari perguruan tinggi diharapkan berimbas positif bagi masyarakat dan penataan wilayah Kabupaten Bantul.

?Target kami mengurangi tingkat kemiskinan dan ketimpangan wilayah. Adanya sentuhan perguruan tinggi, khususnya penataan kawasan, mudah-mudahan bisa meningkatkan ekonomi daerah dan bermanfaat bagi masyarakat Bantul,? kata Fenty Yusdayanti, Kepala Bappeda Bantul.

PKS ini sekaligus menjadi wadah untuk memperkenalkan nama UAJY, khususnya FT di Kabupaten Bantul. Adanya kerja sama dengan pemerintah dapat meningkatkan akreditasi universitas nantinya. Visi-misi UAJY juga dapat terealisasi, khususnya nilai humanis. Sebab UAJY berusaha mewadahi kebutuhan masyarakat melalui kerja samanya dengan pemerintah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.