Berita Nasional Terpercaya

GKR Hemas Ajak Waspadai Kanker Payudara

0

Bernas.id – Bahaya kanker semakin gencar  mengintai masyarakat, khususnya yang terus menjalankan gaya hidup tak sehat.  Memperingati Hari Ulang Tahun Yayasan Kanker Indonesia (YKI) ke-41 tahun, YKI DIY mengingatkan masyarakat untuk mewujudkan hidup sehat dan meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker, terutama kanker payudara.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang DIY GKR Hemas menyampaikan hal itu dalam peringatan HUT YKI ke-41 dan YKI DIY ke-31 yang digelar Sabtu (12/5/2018) di kantor YKI DIY. Hemas menjelaskan, urutan penyakit kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan adalah kanker payudara, kanker serviks dan kanker kolorektal, sedangkan pada laki-laki adalah kanker paru-paru, kanker kolorektal dan kanker prostat.  

“Angka kematian yang tertinggi adalah akibat kanker payudara, dan banyak yang takut periksa payudara sendiri karena takut ketahuan penyakitnya, dan tidak tahu caranya,” ujar Hemas.

Ia menerangkan, prevalensi kanker di DIY cukup tinggi, mencapai 4,1 per mil. Angka ini jauh melebihi angka prevalensi nasional yakni 1,4 per mil. Karena itu pihaknya mengimbau berbagai aksi preventif dilakukan, termasuk memberikan penyuluhan terhadap anak-anak sekolah, untuk menghindari makanan yang tidak sehat.

“Menyongsong bulan puasa, perlu kita memahami tentang penyiapan makanan tersebut. BPOM harus melakukan pembinaan terhadap kantin sekolah dan penjual jajanan sekolah,” ujarnya.

Ia juga mendorong paguyuban relawan kanker, agar lebih aktif bekerja. Keberadaan mereka menurutnya sangat penting, karena akan mampu membuat pasien kanker bersedia berobat. 

“Dengan pengalan yang ada, mereka dapat memberikan motivasi terhadap pasien lain,” ujarnya.

Di dalam acara peringatan tersebut, Hemas juga mengukuhkan  pengurus paguyuban relawan kanker, pasien, dan mantan pasien kanker, serta Indonesian Ostomy Assosiation periode 2018-2021. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.