Berita Nasional Terpercaya

Sambut Ramadan, Warga Sleman Pawai Naik Gerobak Sapi

0

Bernas.id?Warga di Dusun Plosokuning, Desa Minomartani, Ngaglik menyambut datangnya Ramadan dengan pawai atau kirab menggunakan gerobak sapi. Ribuan anak-anak baik dari warga sekitar ataupun santri pondok pesantren ikut pawai menunggangi gerobak sapi.

Pawai gerobak sapi dimulai dari Masjid Jami Patok Negoro Plosokuning, Minggu (13/5). Takmir Masjid Jami Patok Negoro Plosokuning, M. Kamaludin Purnomo mengatakan dalam acara kali ini sedikitnya ada 22 gerobak sapi yang ikut pawai. ?Kirab diikuti sekitar 1.000 santri dan sejumlah anak-anak dari warga sekitar,? kata Kamaludin.

Acara kirab yang diagedakan setiap menjelang Ramadan merupakan sebuah tradisi sekaligus upaya melestarikan gerobak sapi. Terlebih karena peserta pawai adalah para anak-anak, maka sekaligus mengenalkan gerobak sapi ke generasi muda. Dengan demikian generasi yang akan datang akan tetap mengetahui adanya kendaraan yang dinilainya legendaris yang ramah lingkungan ini.

Selain pawai gerobak sapi, dalam menyambut Ramadan ini juga ada pentas musik religi, tabuh bedug, pengajian. Menurutnya acara semacam ini memang selalu rutin diadakan di Masjid Patok Negoro. Terlebih sebagai salah satu masjid bersejarah, pihaknya selalu mengadakan acara khusus pada saat Ramadan.

Masjid Jami Patok Negoro Plosokuning merupakan satu di antara empat masjid yang mempunyai sejarah terbentuknya Keraton Yogyakarta. Selain sebagai tempat ibadah, pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I silam, masjid tersebut juga untuk benteng pertahanan. “Masjid ini masih asli struktur bangunannya. Asa pohon sawo kecik, kolam, dan kayu-kayu [bangunannya] juga tetap terjaga,” katanya.

Salah satu peserta kirab pemilik gerobak sapi, Hadi Pandriyo mengatakan acara yang dikemas dengan melibatkan gerobak sapi ini otomatis sebagai penyemangat bagi para pemilik gerobak sapi. “Makanya diadakan acara seperti ini, untuk melestarikan sapi,” ujar pria yang merupakan Kepada Dusun Singosaren, Wedomartani, Ngemplak ini. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.