Berita Nasional Terpercaya

4 Kuliner Khas Ramadhan, Salah Satunya dari Jogja

0

Bernas.id ? Membahas bulan Ramadhan tak pernah lepas dari ragam makanannya. Beberapa jenis makanan hanya akan dapat kamu temui pada bulan Ramadhan saja. Untuk itu, banyak orang yang mencari berbagai kuliner khas Ramadhan.

Berikut ini, beberapa kuliner Khas Ramadhan dari Indonesia. Siapa tahu kamu tertarik untuk mencicipinya, simak!

Bubur Kampiun

Bubur kampiun merupakan hidangan khas Sumatera Barat. Bubur ini biasanya disajikan saat bulan Ramadhan sebagai sajian berbuka puasa.

Bubur Kampiun menyerupai kolak, yaitu berisi bubur sum-sum, pisang, kolak ubi, candil, bubur delima, ketan, yang kemudian disajikan dengan kuah santan dan gula merah cair.

Kicak

Kicak menjadi makanan khas Yogyakarta. Kicak cukup terkenal sebagai panganan saat berbuka puasa. Kicak terbuat dari beras ketan yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan potongan buah nangka.

Kicak memiliki rasa yang gurih dan manis. Kicak banyak dijajakan di daerah Kauman yang merupakan sentra tempat makanan ini pertama kali dibuat.

Bongko Kopyor

Bongko Kopyor merupakan singkatan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Menu kuliner Ramadhan asli berasal dari Gresik. Bongko Kopyor terbuat dari tepung terigu, buah kelapa, pisang, nangka, santan kelapa, dan roti tawar.

Bongko kopyor memiliki rasa yang manis dan segar, ditambah lagi dibungkus dengan daun pisang sehingga membuat aromanya semakin khas.

Sate Susu

Sate susu menjadi makanan khas warga muslim Bali untuk berbuka puasa. Bahan utamanya, daging dari kantung susu sapi atau puting sapi yang diiris kecil-kecil.

Sate susu tidak menggunakan saos kacang dan kecap sebagai bumbunya, melainkan memakai sambal plecing khas Bali. Sate susu dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa. (Jet)

Leave A Reply

Your email address will not be published.