Berita Nasional Terpercaya

Jumlah Andong dan Becak di Malioboro Bakal Dibatasi

0

Bernas.id – Dinas Perhubungan Kota Jogja akan membatasi jumlah andong dan becak yang masuk ke area Malioboro untuk mengurangi kemacetan pasca revitalisasi kawasan itu. Pengurangan jumlah juga disertai dengan perencanaan pembangunan “celukan” untuk naik dan turunnya penumpang serta shelter tunggu.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Pehubungan Kota Jogja Golkari Made Yulianto mengatakan sebenarnya andong dan becak masih memiliki tempat parkir setelah revitalisasi sisi barat. Nantinya akan dibangun “celukan-celukan” tempat andong dan becak menunggu penumpang. 

“Jumlahnya sekitar 59 untuk becak dan 27 untuk andong,” kata Yulianto, Sabtu (19/5/2018).

Selain celukan, Yulianto mengatakan akan dibangun dua shelter masing-masing untuk tempat parkir andong dan becak. Rencana ini masih digodok bersama dengan Dinas Perhubungan DIY. Hal ini menurut dia wajib dilakukan agar desain revitalisasi tidak sia-sia dan tidak menyebabkan kemacetan.

Walau demikian, jumlah andong dan becak yang masuk ke kawasan malioboro nantinya akan dibatasi. Mengenai pengaturan jumlah tersebut, pihak Dinas Perhubungan Kota Jogja akan melakukan koordinasi bersama paguyuban becak dan andong. 

“Harus dikoordinasikan mengenai jumlah dan nanti mekanismenya, harus gantian masuknya. Itu harus dilakukan supaya masyarakat nyaman dan kawan-kawan becak dan andong juga bisa mencari rejeki,” pungkasnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.