Berita Nasional Terpercaya

Naik ke Status Waspada, Merapi Erupsi Selasa Dini Hari

0

Bernas.id – Gunung Merapi mengeluarkan erupsi pertama usai statusnya naik dari Normal menjadi Waspada. Erupsi tersebut terjadi pada pukul 01.47 WIB, Selasa dini hari, 22 Mei 2018. 

Erupsi itu berlangsung 3 menit dengan amplitudo maksimum 40 mm. Saat erupsi itu terjadi, puncak Gunung Merapi mengeluarkan asap dengan tinggi kolom 3.500 meter atau 3,5 km dari puncak Gunung Merapi. Asap itu terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan. 

Kejadian erupsi itu diumumkan oleh akun twitter resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Namum, belum ada keterangan dari BPPTKG mengenai jenis erupsi tersebut, yakni letusan freatik atau vulkanik. 

Sebelumnya, BPPTKG mengumumkan status Gunung Merapi naik dari Normal menjadi Waspada atau Level II, pada Pukul 23.00 WIB, Senin malam, 21 Mei 2018. 

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyatakan keputusan menaikkan status Gunung Merapi menjadi Waspada muncul usai ada erupsi freatik pada Senin sore yang diikuti oleh gempa vulkano-tektonik (VT) dan gempa tremor. 

“Ada gerakan Fluida menuju puncak, itu bisa pergerakan gas atau bisa juga magma,” jelasnya pada Senin malam (21/5/2018). 

Meskipun demikian, menurut Hanik, belum terlihat ada deformasi yang signifikan pada Gunung Merapi. BPPTKG hanya merekomendasikan pengosongan kawasan dari aktivitas penduduk pada radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Namun warga di sekitar Merapi tetap diminta waspada. 

Berdasar data rilisan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunung Merapi sempat mengeluarkan letusan freatik sebanyak tiga kali dalam sehari, pada 21 Mei 2018. 

Sebagai catatan, letusan freatik tidak terlalu berbahaya dibandingkan erupsi vulkanik. Sebelum hari ini, sudah terjadi letusan freatik pada Jumat pagi, 11 Mei 2018 lalu. Pada saat itu, erupsi freatik di Gunung Merapi terjadi selama 5 menit dan mengeluarkan asap putih tebal dengan tinggi kolom 5,5 kilometer. Erupsi freatik pada 11 Mei 2018 adalah yang ketujuh usai letusan vulkanik Merapi pada 2010. 

Sementara pada 21 Mei 2018, erupsi freatik pertama di Gunung Merapi terjadi pukul 01.25 WIB atau dini hari. Letusan freatik itu berlangsung selama 19 menit dengan ketinggian asap 700 meter yang teramati dari pos Babadan. Saat itu, amplitudo seismik terukur 20 mm.

Sedangkan erupsi freatik kedua di Gunung Merapi, pada 21 Mei 2018, berlangsung pukul 09.38 WIB, dan berlangsung selama 6 menit. Tinggi asap tercatat 1.200 meter dengan angin condong ke arah Barat. Adapun amplitudo seismik tercatat 23 mm.

Untuk erupsi freatik ketiga di Gunung Merapi, pada 21 Mei 2018, terjadi pukul 17.50 WIB selama 3 menit. Tinggi asap tidak terpantau dan amplitudo seismik 50 mm. 

Usai erupsi freatik ketiga tersebut, sebaran abu vulkanik tercatat mengarah ke tenggara-selatan. Selain itu, terpantau ada hujan abu di sebagian desa di Kecamatan Cangkringan, Pakem dan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY. Desa-desa itu ialah Glagaharjo, Kepuharjo, Umbulharjo, Purwobinangun, Hargobinangun, Kaliurang dan Widodomartani. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.