Berita Nasional Terpercaya

Erupsi Merapi Dini Hari Tadi Masih Dikategorikan Freatik

0

Bernas.id – Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyatakan keputusan menaikkan status Gunung Merapi dari Normal menjadi Waspada muncul usai ada erupsi freatik pada Senin sore yang diikuti oleh gempa vulkano-tektonik dan gempa tremor. Ia memastikan, erupsi berikutnya yang terjadi pada pukul 01.47 WIB, Selasa dini hari, 22 Mei 2018 masih dikategorikan erupsi freatik.

“Erupsi pukul 01.47 itu cenderung itu freatik. Namun untuk memastikan harus lewat uji labolatoruim yang dilakukan hari ini, kalau ada fresh material dari dalam itu magmatik. Sementara ini kita mengkategorikan freatik, tanpa ada bara gejala itu masih freatik,” ujar Hanik Selasa (22/5) dalam rapat koordinasi di Pusdalop DIY.

Meski masih erupsi freatik, ia menerangkan ada tremor, ada gempa vulkano-tektonik, karena itu kewaspadaan harus ditingkatkan. Pihaknya mengimbau supaya tidak ada aktivitas sampai dengan 3 km dari puncak Merapi, kecuali untuk penyelidikan. 

“Untuk wilayah di KRB 3 diminta untuk waspada. Kalau status waspada seharusnya belum perlu ada pengungsian warga. Ada kemungkinan aktivitas naik, ada kemungkinan turun. Kami akan terus melakukan koordinasi dan pemantauan,” ujar Hanik. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.