Berita Nasional Terpercaya

Status Waspada Merapi Bisa Meningkat Karena Parameter Ini

0

Bernas.id– Balai Penelitian Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menaikkan status Merapi menjadi Waspada sejak semalam karena meningkatnya aktivitas kegempaan dalam Gunung Merapi. Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTKG Agus Budi Santoso mengatakan status tersebut masih bisa turun atau naik mengarah ke letusan magmatik. 

“Kemungkinannya saat ini fifty-fifty (50:50) apakah akan mengarah ke letusan magmatik atau tidak. Tapi jangan kaget kalau nanti statusnya turun lagi, itu sudah biasa,” kata Agus Selasa (22/5/2018).

Ia menambahkan ada beberapa parameter untuk meningkatkan status gunung berapi. Parameter tersebut adalah visual, seismik dan deformasi atau penebalan badan gunung. Apabila salah satu parameter mengalami peningkatan aktivitas, maka status gunung bisa dinaikkan. Parameter peningkatan saat ini adalah peningkatan aktivitas kegempaan.

Agus menjelaskan sampai saat ini sudah terjadi empat letusan freatik dalam dua hari. Pada tanggal 21 ada tiga letusan, tanggal 22 pukul 01.47 WIB. Kemudian kemarin pada 17.50 WIB ada peningkatan kegempaan tremor. 

“Getaran akibat letusan freatik semakin besar,” kata Agus.

Namun ia mengatakan saat ini kegempaan tremor sudah menurun dibandingkan dengan aktivitas pada pukul 17.50 tersebut. Secara keseluruhan, aktivitas Merapi juga mulai mengalami penurunan walaupun tidak secepat penurunan pada tanggal 20 Mei 2018.  (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.