Berita Nasional Terpercaya

Status Merapi Naik, Begini Kata Sultan

0

Bernas.id – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta masyarakat di daerah setempat tetap tenang meski status Gunung Merapi telah dinaikkan dari normal menjadi waspada.

“Tapi kan (aktivitas) lavanya tetap normal, masyarakat tenang sajalah,” kata Sultan di Kompleks Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (22/5).

Menurut Sultan, penaikan status normal (level I) ke waspada (level II) oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta untuk mengantisipasi abu vulkanik yang muncul karena letusan freatik yang berkali-kali terjadi. Sementara dari aspek aktivitas lava, menurut Sultan, Gunung Merapi hingga kini masih normal.

“Kan tetap lavanya tidak keluar berarti keadaan Gunung Merapi normal. Biarpun waspada `kan hanya karena debu-debu saja, makin tinggi makin jauh jatuhnya,” ujarnya.

Walau demikian, Sultan mengatakan bagi masyarakat di lereng Gunung Merapi yang tetap ingin mengungsi, Pemda DIY serta pemerintah Kabupaten Sleman telah menyiapkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

“Lha perkara tidak yakin lalu mengungsi tidak apa-apa `wong` juga kita fasilitasi,” kata Sultan.

Dirinya juga berharap para pelajar di kawasan lereng Gunung Merapi tetap masuk sekolah. Masyarakat juga tetap beraktivitas seperti biasa walau menggunakan masker.

Menurut Sultan, Pemda DIY siap mengucurkan dana kebencanaan apabila dana kebencanaan yang ada di Kabupaten Sleman belum memadai. “Kabupaten punya dana, tetapi kalau kekurangan ya nanti kita bantu,” pungkasnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.