Berita Nasional Terpercaya

Puluhan Warga Masih Mengungsi Pasca Erupsi Freatik Dini Hari

0

Bernas.id–Merapi kembali mengalami erupsi freatik,  yang terjadi Rabu pukul 03.31 WIB (23/5/2018). Ini mengakibatkan sebagian warga lereng Merapi berinisiatif mengungsi. Sekitar 55 warga terdiri dari usia rentan kini masih menempati tempat pengungsian.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan setelah terjadi erupsi pukul 03.31 WIB warga merasa takut dan akhirnya mengungsi. Berdasarkan catatan dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman ada sekitar 597 warga dari Dusun Turgo, Desa Purwobinangun, Pakem dan Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Cangkringan yang masih mengungsi.

Sebanyak 588 warga Dusun Turgo mengungsi di rumah Heru Susanto atau Sebelah Utara SD Sanjaya. Sedangkan 39 orang dari Dusun Kalitengah Lor mengungsi di Balai Desa Glagaharjo.

“Pada pagi hari di Dusun Turgo itu warga sudah pulang kembali ke tempat tinggalnya masing-masing dan sisanya ada 16 orang yang mengungsi dari Dusun Turgo. Sedangkan 39 warga Kalitengah Lor masih menempati tempat pengungsian,” ujar Makwan.

Menurut dia, berdasarkan laporan dari BPPTKG Yogyakarta, erupsi freatik Merapi teramati dari PGM Jrakah dan PGM Kaliurang arah barat daya.

“Masyarakat diminta untuk tidak panik dan tetap tenang, selalu wasapada dalam beraktivitas. Gunakan masker dan kaca mata untuk antisipasi jika beraktivitas di luar ruangan,” katanya.

Ia mengatakan, masyarakat juga diimbau tetap pantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi melalui berita dan sumber informasi terpercaya (BPPTKG, BMKG, BNPB, BPBD).

“Masyarakat dihimbau untuk tidak mempercayai dan tidak ikut menyebarluaskan berita hoaks yang dapat meresahkan,” tandasnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.