Berita Nasional Terpercaya

BPBD DIY Kirim Bantuan Tambahan ke Posko Pakem

0

Bernas.id – Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menambah bantuan berupa sembako dan family kit untuk posko pengungsian utama di Pakem, Sleman. Bantuan tambahan ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga apabila warga di pengungsian terutama lansia membutuhkan stok lebih banyak.

Anggota tim TRC BPBD DIY Aris Widodo mengatakan nantinya bantuan akan didistribusikan ke sembilan titik pengungsian apabila dibutuhkan. Bantuan tambahan berupa sembako dan 'family kit' yang keseluruhan berjumlah 200 pak. 

“Ini memang ditaruh di pusat saja, supaya pendistribusiannya mudah. Bantuan ini terutama untuk lansia dan balita yang masih mengungsi di posko utama,” kata Aris, Rabu (23/5/2018).

Ia mengatakan memang sesuai prosedur TRC BPBD DIY harus menetapkan status di atas status yang ditetapkan saat ini. Jika merapi berstatus waspada, maka tim harus berstatus siaga. Pendistribusian bantuan termasuk bentuk siaga dari TRC BPBD DIY.

Dirinya juga mengakui, saat ini warga lereng merapi sudah lebih siap menghadapi bencana. Tim TRC BPBD DIY pun masih berjaga-jaga di sekitar jalur Kalitengah Lor untuk mempersiapkan kondisi seandainya ada warga yang ingin mengungsi. 

“Sesuai prosedur memang waspada sudah boleh buka posko, karena dikhawatirkan ada material lain selain abu,” pungkasnya (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.