Berita Nasional Terpercaya

Semakin Berkah, Lakukan 4 Kegiatan Bermanfaat Ini Saat Puasa

0

Bernas.id – Puasa bukan menjadi penghalang untuk melakukan aktivitas. Justru dengan melakukan aktivitas, bisa menjadi poin penting untuk menjaga kebugaran dan keseimbangan kondisi tubuh selama menjalani ibadah puasa.

Poinnya, selama berpuasa memang diperbolehkan mengurangi aktivitas, namun jangan sampai tidak melakukan kegiatan apapun. Berikut ini, ulasannya:

Melakukan Kegiatan Rohani

Cara terbaik untuk mengisi hari-harimu selama bulan Ramadhan, yaitu mengaji, berdiam diri di masjid (i'tikaaf), banyak mendengar kajian agama, serta memperbanyak salat sunnah menjadi.

Olahraga Kecil

Perlu diingat, olahraga berat tidak disarankan saat berpuasa karena membuat tubuh dehidrasi,. Untuk itu, kamu bisa melakukan olahraga ringan, tapi masih bernilai ibadah, misal, berjalan kaki ke masjid atau naik turun tangga untuk melemaskan otot-otot.

Tambah Ilmu Rohani

Kamu bisa mendapatkan manfaat pengetahuan dengan membaca buku-buku tafsir, hadis atau buku sejarah Islam. Jika kurang senang membaca buku, cobalah menonton tayangan ceramah atau program Islami yang mampu mendongkrak keimananmu.

Berkegiatan yang Berpahala

Undanglah teman atau kerabat untuk buka puasa bersama di ruahmu. Selain silaturahmi, kamu akan mendapatkan pahala karena telah memuliakan orang yang berpuasa. Selain itu, berikan makanan dan santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim karena sangat berpahala. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.