Berita Nasional Terpercaya

Tubuh Tetap Bertenaga Prima Selama Puasa dengan 5 Hal Ini

0

Bernas.id – Puasa bukan menjadi penghalang untuk melakukan aktivitas. Justru dengan melakukan aktivitas, bisa menjadi poin penting utuk menjaga kebugaran dan keseimbangan kondisi tubuh selama menjalani ibadah puasa.

Yang penting, selama berpuasa memang diperbolehkan mengurangi aktivitas, namun jangan sampai tidak melakukan kegiatan apapun. Jangan khawatir, nyatanya kamu tetap bisa beraktivitas normal selama puasa. Berikut ini, ulasannya:

Jaga Tubuh Cukup Asupan Air

Cukup asupan air menjadi hal yang sangat penting di bulan puasa, terutama bila kamu ingin tetap berenergi sepanjang hari. Di saat berbuka dan sahur, perbanyaklah minum air putih. Selain itu, kamu juga wajib konsumsi buah yang banyak mengandung air seperti semangka atau squash juga sangat dianjurkan.

Konsumsi Kurma

Kurma merupakan sumber energi yang cepat diserap tubuh karena mengandung potassium, fiber, dan vitamin. Kadar gula di kurma yang cukup tinggi dapat segera membuatmu kembali mendapatkan energi ketika berbuka. Sebaiknya, kurma dimakan cukup satu atau dua buah saja karena banyaknya kadar gula yang tidak baik untuk tubuh.

Jangan Tidur ketika Perut Merasa Lapar

Bila kamu ingin tidur tapi perut masih lapar, disarankan untuk menyiapkan sedikit “cemilan” seperti yogurt ataupun kacang-kacangan. Jangan lupa juga minum dua gelas air putih sebelum tidur.

Sering-sering Bergerak

Melakukan gerakan seperti pemanasan badan dapat membantumu terhindar dari rasa mengantuk. Lakukanlah sedikit stretching di siang hari agar tubuhmu tetap fit. Gerakan salat juga dapat membantu menghilangkan rasa ngantuk.

Sempatkan Tidur Siang

Bila memiliki waktu luang di siang hari, disarankan untuk tidur siang paling tidak setengah jam. Tidur siang akan mengembalikan tenagamu agar bisa beraktivitas lebih optimal. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.