Berita Nasional Terpercaya

5 Kebiasaan ketika Berpuasa Ini Bisa Bikin Tubuhmu Gendut

0

Bernas.id – Ibadah puasa dijalankan kurang lebih selama 12 jam tanpa makan dan minum. Rasa lemas, lapar dan dahaga pun bisa melanda.

Dengan berpuasa kurang lebih selama 12 jam, kamu mungkin mengira bahwa berat badanmu akan berkurang secara otomatis. Namun, anggapan itu bisa saja keliru lho. Berikut ini, 5 kebiasaan yang bisa jadi menjadi penyebab utama tubuhmu akan menjadi gendutan di bulan puasa.

Kurang tidur

Tidur yang sehat itu paling tidak 6 jam sehari. Kurang tidur menjadi salah satu faktor tubuhmu akan menjadi gendut. Proses pencernaan dan penguraian makanan yang harusnya berlangsung selama tubuhmu tidur menjadi terhambat ketika kurang beristirahat.

Tidur Kelamaan

Selama puasa, tidur akan dianggap ibadah. Namun, bukan berarti kamu terus tidur seharian kan. Kalau tidur saja, badanmu akan jadi lebih gendut. Usahakan tetap melakukan kegiatan selama berpuasa.

Berbuka ajang “balas dendam” untuk makan banyak

Kebiasaan tersebut seringkali menjadi penyebab utama kegemukan ketika puasa. Jangan mentang-mentang seharian berpuasa, kamu makan dengan porsi dua kali lipat saat waktu berbuka tiba. Cobalah untuk tetap makan sewajarnya ya.

Selesai sahur langsung tidur 

Makan kemudian langsung tidur akan membuat proses pencernaan terganggu. Kebiasaan tersebut akan membuat tubuhmu menjadi lebih besar dari hari ke hari. Usahakan untuk tidak langsung tidur setelah sahur ya.

Ngemil makanan berat setelah tarawih

Kebiasaan tersebut sering dilakukan banyak orang ketika berpuasa. Dengan alasan masih lapar, kita sering ngemil makanan berat sepulang tarawih. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.