Berita Nasional Terpercaya

Mau Mudik Perjalanan Jauh, 5 Persiapan Ini Wajib Kamu Perhatikan

0

Bernas.id – Lebaran akan segera datang. Kamu pun pasti akan mudik ke kampung halaman kalau kamu merantau di kota jauh dari keluargamu.

Mudik memang memiliki banyak persiapan apalagi jika harus perjalanan jauh. Dilansir dari berbagai situs kesehatan, berikut ini 7 tips kesehatan dan persiapan wajib sebelum kamu mudik.

Jaga pola makanmu selama beberapa hari sebelum mudik

Jika kamu akan menjalani mudik yang sangat panjang jaraknya, jangan memakan atau meminum sesuatu yang bisa menurunkan kondisi kesehatanmu, misalnya: makanan terlalu pedas, alkohol, konsumsi yang rasanya terlalu tajam (masam, manis atau asin) dan segala sesuatu yang kamu sudah tahu akan bermasalah jika kamu mengonsumsinya.

Cukupkan istirahat malammu sebelum hari mudikmu

Istirahat yang cukup akan membuat metabolisme tubuhmu normal, sehingga kamu akan lebih terhindar dari gangguan kesehatan yang bisa muncul selama kamu mudik. Ini sangat diwajibkan bagi kamu yang harus menyetir kendaraanmu.

Sempatkanlah berolahraga ringan sejak beberapa hari sebelum mudik

Olahraga ringan (misalnya senam aerobik sederhana, jogging santai atau bentuk kardio ringan lainnya) yang kamu sempatkan setidaknya 30 menit per hari akan cukup membuat tubuhmu terjaga fit. Kamu akan merasa lebih fresh dan ini juga bisa mengurangi stresmu.

Siapkan obat-obatan dan perlengkapan kesehatan pribadi lainnya

Kamu yang tahu kondisi tubuhmu sendiri, kamu yang harus mempersiapkan obat-obatan untuk semua kemungkinan risiko kesehatanmu yang bisa muncul saat mudik. Letakkan di tempat yang paling mudah dijangkau ketika kamu duduk di dalam kendaraanmu. Ini akan meminimalkan kepanikanmu saat kamu membutuhkannya.

Tenangkan dirimu dan bebaskan dirimu dari stres

Kamu akan menghadapi perjalanan panjang yang penuh dengan pemicu stres. Untuk bisa menghadapi itu semua dengan lebih kuat, kamu harus menenangkan dirimu sendiri dan memastikan bahwa kamu menjalani mudik tidak dalam keadaan stress. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.