Berita Nasional Terpercaya

6 Negara Ini Miliki Tradisi Unik pada Hari Lebaran

0

Bernas.id – Beberapa negara ini memiliki tradisi unik pada hari Lebaran. Untuk itulah momen Lebaran memang menjadi momen yang paling dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia.

Ada banyak hal yang biasanya umat Islam lakukan ketika hari raya Idul Fitri tiba. Berikut beberapa tradisi khas Lebaran di dunia, yaitu:

Di Arab Saudi, perayaan hari raya Idul Fitri seringkali diisi dengan kesenian berupa pagelaran tari, pembacaan puisi, parade musik, tarian dan sebagainya. Selain itu, setelah Sholat Ied biasanya mereka akan menikmati santapan Lebaran yaitu daging domba dengan nasi dan sayuran tradisional.

Di Turki, hari Lebaran menjadi hari bertukar manisan. Oleh karena itu, Lebaran bagi orang Turki disebut juga sebagai Seker Bayram atau Festival Gula.

Di Malaysia memiliki tradisi yang mirip dengan di Indonesia, yaitu menyajikan ketupat sebagai makanan khas Lebaran. Mereka juga memiliki tradisi mudik setiap menjelang Lebaran untuk berkumpul dengan keluarga dan saling bermaaf-maafan.

Di Tiongkok, hari Lebaran diisi dengan mengunjungi makam leluhurnya. Para pria menggunakan jas khas dan kopiah putih, sedangkan para wanita memakai baju hangat dan kerudung.

Tradisi Lebaran di Afrika Selatan dimulai sejak hari terakhir Bulan Ramadhan. Mereka berkumpul di Green Point, Cape Town dan berbuka bersama kerabat yang dilanjutkan dengan pengumuman datangnya Hari Lebaran.

Di Amerika Serikat, umat muslim tersebar dalam jarak yang berjauhan. Untuk itu, pengumuman Lebaran di Amerika Serikat dilakukan dengan mengirimkan telepon atau email. Umat Islam yang umumnya adalah imigran dari berbagai negara berkumpul dan melaksanakan Sholat Ied bersama dengan pakaian yang berwarna-warni sesuai kebiasaan di negaranya masing-masing. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.