Berita Nasional Terpercaya

Sungkeman, Tradisi Lebaran Orang Jawa

0

Bernas.id- Bagi orang Jawa, saat lebaran menjadi tepat untuk melakukan sungkem atau dikenal dengan istilah meminta maaf. Sungkeman merupakan budaya luhur warisan pendahulu yang patut untuk dilestarikan. Tata cara sungkem sendiri biasanya sambil duduk, dan mereka yang lebih muda akan mencium tangan saudara yang lebih tua.

Bagi orang Jawa, lebaran kurang pas jika tidak disertai dengan adanya tradisi sungkeman.Sungkem kepada orang tua saat hari raya idul fitri atau lebaran merupakan salah satu ritual untuk memohon diampuni kesalahan kesalahan yang telah diperbuatnya. Biasanya, mereka yang lebih muda akan berjalan atau berkeliling ke rumah saudara yang lebih tua atau yang dituakan.

Setelah selesai melakukan sungkeman, biasanya disusul dengan acara makan bersama dengan lauk pauk yang spesial di hari lebaran. Salah satunya, ketupat dengan opor ayam dan tentunya akan berbeda-beda di berbagai daerah masing-masing di Indonesia.

Namun, karena berkembangnya teknologi dan zaman, banyak anak muda yang nyatanya lupa dan kurang paham dengan tradisi leluhur tersebut. Mereka tidak mengenal karena disibukkan dengan kegiatan dan pekerjaan yang membuat mereka jauh akan tradisi tersebut. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.