Berita Nasional Terpercaya

Bupati Sleman Haturkan Belasungkawa Kepada Korban Kecelakaan Lava Tour

0

Bernas.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Bupati Sri Purnomo didampingi Wakil Bupati Sri Muslimatun berserta jajaran terkait menghaturkan rasa belasungkawa kepada wisatawan lava tour yang mengalami kecelakaan pada hari Selasa, 19 Juni 2018 di Dusun Tangkisan, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman.

“Pemkab Sleman menghaturkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada wisatawan lava tour yang mengalami kecelakaan. Kami turut prihatin dan menyesalkan kejadian ini. Pemkab Sleman diwakili Sekdin Pariwisata dan yang terkait telah mengantarkan para korban ke tempat asalnya dan sekaligus takziyah,” ungkap Sri Purnomo, Rabu (20/06) dihadapan awak media di Rumah Dinas Bupati Sleman.

Sri Purnomo juga berkomitmen penuh untuk mengutamakan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Sleman. “Sebagaimana sesuai dengan SOP, sebagai contoh dinas terkait telah memberikan peraturan kepada operator lava tour untuk tidak menggunakan drigen plastik sebagai tangki bensin karena dapat membahayakan penumpang,” katanya. Selain itu pihaknya juga telah menghimbau operator lava tour untuk menyediakan fasilitas sabuk pengaman dan helm untuk setiap penumpang.

Sri Purnomo juga mengaku, melalui dinas terkait telah bekerjasama dengan Polres Sleman untuk melakukan pendataan kendaraan Jeep yang digunakan dalam wisata lava tour. “Jika ditemukan ada Jeep yang tidak sesuai standar kelayakan dan keamanan maka tidak boleh beroperasi. Sehingga nantinya Jeep-Jeep yang beroperasi sudah sesuai dengan standar kelayakan dan keamanan yang tertera didalam SOP,” terangnya.

Selanjutnya dinas terkait akan melakukan evaluasi terhadap implementasi SOP dengan cara meningkatkan kembali pembinaan, pemantauan dan pendisiplinan. “Saat ini dinas terkait telah menghimbau kepada operator wisata lava tour untuk tidak beroperasi terlebih dahulu,” tambah Sri Purnomo.

Bahkan, lanjutnya, komunitas Jeep Kaliurang dan juga pengelola wisata Kaliurang telah menyampaikan akan bertanggung jawab untuk memberikan asuransi kecelakaan kepada korban. “Semoga ini kejadian yang terakhir dan tidak terulang kembali,” katanya.

Atas kejadian ini, Sri Purnomo meminta para pengelola objek wisata maupun wisatawan harus lebih berhati-hati dan mengutamakan keselamatan diatas segalanya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.