Berita Nasional Terpercaya

Pacuan Kuda Paku Alam Cup VI Akan Diikuti Lebih dari 100 Peserta

0

Bernas.id – Setelah sukses menggelar kejuaraan nasional pacuan Kuda Paku Alam Cup mulai dari pertama hingga kelima. Kadipaten Pakualaman tahun ini kembali menghelat Pacuan Kuda Paku Alam Cup untuk keenam kalinya, yang akan diselenggarakan pada hari Minggu 24 Juni 2018 mendatang bertempat di Lapangan Pacuan Kuda Sultan Agung Bantul.

Diungkapkan Penghageng Kapanitran Kadipaten Pakualaman, KRT Radyo Wisroyo, rencananya pembukaan even tersebut akan secara resmi dibuka oleh Sri Paduka Pakualam X. “Kejuaraan pacuan kuda kali ini akan dikemas berbeda dari tahun sebelumnya, baik dari segi penyelenggaraan maupun teknis dilapangan,” ujarnya, Jumat (22/06/2018) malam, saat menggelar jumpa wartawan di KJ Hotel Yogyakarta.

Ditambahkan KRT Radyo Wisroyo, pacuan kuda Paku Alam Cup VI kali ini ingin membuat sebuah pacuan yang berbeda dari yang sudah ada, seperti akan adanya sistem baru yang diterapkan, dengan tujuan menciptakan sebuah pacuan kuda yang aman dan nyaman agar semua dapat melihat jalannya lomba senyaman mungkin.

“Untuk peserta kali ini akan diikuti lebih dari 100 ekor kuda pacu yang berasal dari berbagai daerah, seperti Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Madura, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Sumatera Barat,” tambahnya.

Kejuaraan pacuan kuda Paku Alam Cup VI ini juga merupakan acara puncak dari rangkaian peringatan 206 tahun Hadeging Kadipaten Pakualaman yang sebelumnya telah menyelenggarakan berbagai kegiatan kebudayaan seperti lomba panahan gaya mataraman, kirab budaya, dan lainnya. “Even ini terselenggara atas kerjasama antara Puro Pakualaman, Pordasi DIY selaku induk organisasi olahraga berkuda di DIY serta Dinas Pariwisata DIY yang mana kegiatan pacuan kuda ini sudah masuk dalam kalender wisata Dinas Pariwisata DIY,” jelasnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata DIY Rose Sutikno mengatakan selain dalam rangka peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman, even pacuan kuda ini juga untuk menaikan kunjungan wisata di DIY terutama di Bantul. “Karena untuk kunjungan wisata dalam segmen even di DIY agak berkurang, dan dengan dilaksanakannya even ini akan menambah kunjungan wisata di DIY,” katanya.

Ketua Bidang Pacuan Pordasi DIY Sutarto menjelaskan untuk di DIY setiap tahunnya ada tiga kali perhelatan pacuan kuda. “Ada Bupati Cup, Paku Alam Cup, dan Hamengku Buwono Cup, yang akan melahirkan banyak atlet-atlet berkuda, jadi bisa menyalurkan hobi sambil berprestasi,” katanya. (Mar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.