Berita Nasional Terpercaya

YANNI ?25th Anniversary Acropolis? Akan Tampil Live Orchestra di Candi Prambanan

0

Bernas.id – Prambanan Orchestra, sebuah event kolosal konser musik orchestra akan diselenggarakan pada 20 Oktober 2018 di Candi Prambanan, Yogyakarta.

Mega konser ini adalah gagasan kolaborasi antara dua promotor, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko serta Rajawali Indonesia Communication.

Pada event Prambanan Orchestra edisi pertama kali ini, Yanni, seorang musisi dan komposer kelas dunia asal Yunani akan unjuk kebolehannya di hadapan ribuan penikmat musik Tanah Air di komplek mahakarya Candi Prambanan.

Dalam rangkaian tour bertajuk ?Yanni 25 Acropolis?, musisi yang lahir pada 14 November 1954 tersebut memilih candi yang dibangun sejak abad ke-9 tersebut sebagai tempat untuk mengenang kembali bagaimana megahnya karya-karya yang terdapat dalam album ?Live at the Acropolis? yang pertama kali diperkenalkan pada 1 Maret 1994 silam di The Acropolis of Athens.

The Acropolis of Athens sendiri adalah sebuah situs bersejarah yang berada di kota Athena, Yunani, yang letaknya berada di sebuah tebing berbatu. Situs tersebut merupakan salah satu tempat bersejarah yang dimiliki dunia dan ditetapkan sebagai UNESCO World Heritage Site, sama dengan Candi Prambanan.

Dalam berbegai catatan, album ?Live at the Acropolis? dinobatkan sebagai album terlaris di dunia nomor dua setelah ?Thriller milik mendiang Michael Jackson, dengan penjualan sebanyak 7 juta copy di seluruh dunia. Tak hanya itu, ?Live at the Acropolis? menjadi salah satu siaran paling populer dari PBS dengan jumlah penonton 500.000.000 orang di 65 negara.

Edy Setijono, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko menyampaikan bahwa pagelaran musik Prambanan Orchestra ini merupakan sebuah pagelaran seni yang dipromotori oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko dan Rajawali Indonesia Communication yang memadukan antara kemegahan mahakarya Candi Prambanan dengan mahakarya musisi internasional yang dikemas dalam sebuah sajian musik live orchestra.

?Kami berharap Prambanan Orchestra nantinya akan menjadi destinasi alternatif baru dalam upaya memajukan dunia pariwisata Indonesia, khususnya 
memperkenalkan kepada dunia internasional,? lanjut Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko.

Kemegahan yang pernah disuguhkan oleh musisi yang memiliki nama lahir Giannis Chrysomallis tersebut nantinya akan kembali disuguhkan di Candi Prambanan. Dalam perjalanannya, candi yang dibangun pada masa Raja Wangsa Sanjaya ini selalu menjadi saksi sejarah dari banyaknya gelaran berskala internasional yang didatangi oleh khalayak yang berdatangan dari berbagai belahan dunia. Baik itu untuk musik, seni budaya dan masih banyak lagi, imbuh Edy Setijono.

?Dalam Prambanan Orchestra sendiri, nantinya para penonton akan menikmati bagaimana indahnya karya-karya terbaik dari Yanni dalam album Live at the Acropolis, yang dikolaborasikan dengan kemegahan Candi Prambanan yang merupakan warisan dunia yang ada di Indonesia. Maka dari itu, momen ini jangan sampai dilewatkan. Sebab Prambanan Orchestra merupakan peristiwa budaya yang nantinya bisa diceritakan kepada anak cucu kita kelak,? tutur Edy.

CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimi menuturkan bahwa selama Yanni berkiprah di dunia musik puluhan tahun silam, ia dikenal sebagai seorang musisi yang biasa menggelar konsernya di tempat-tempat bersejarah dunia. Di antaranya seperti Taj Mahal di India, Forbidden City di China, Kremlin di Rusia, Kastil El Morro di Puerto Rico, Kota Kuno Byblos di Lebanon, Roman Theatre of Carthage di Tunisia, Burj Khalifa di United Emirater Arab, The Acropolis di Yunani, Piramid di Mesir, Colloseum di Itali, dan lainnya.

Menggelar konser di situs-situs bersejarah dalam berbagai catatan sejarah, sejauh ini baru hanya Yanni yang diperbolehkan. Hal itu dapat Yanni lakukan karena dirinya memiliki konsep musik ?One World, One Human?, yang mana konsep tersebut mampu menyampaikan bahasa secara universal melalui musik-musiknya yang sublim, magis dan juga indah, jelas Anas.

?Nantinya, Yanni siap memboyong musisi-musisi orchestranya untuk tampil di hadapan ribuan penonton. Tak kalah menariknya, para musisi utama yang diboyongnya berasal dari berbagai negara. Selain itu, instrument yang digunakan pun berasal dari berbagai etnik yang ada di dunia yang mampu menciptakan harmoni lagu yang eksotik dan menginspirasi,? tambah Anas.

Pada tanggal 15 Juli mendatang, tiket akan dijual secara regular dengan harga Silver Rp1000.000, Gold Rp2.000.000, Platinum Rp3000.000 dan Diamond Rp6000.000. Harga tiket tersebut sudah termasuk pajak, fee admin dan tiket masuk Candi Prambanan.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko bersama Rajawali Indonesia Communication sebagai promotor menggandeng PT Melon Indonesia by Telkom Indonesia sebagai exclusive official ticketing partner.

Menurut CEO PT Melon Indonesia Dedi Suherman, PT Melon Indonesia siap mensukseskan penjualan tiket konser yang sangat spektakular ini di semua jaringan penjualan yang dimiliki Melon serta akan ikut serta mempromosikan konser ini. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.