Berita Nasional Terpercaya

Menteri Luar Negeri Thailand Puji Jogja dan Borobudur

0

Bernas.id – Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai mengatakan Kota Yogyakarta telah mengalami banyak perubahan sejak kunjungan pertamanya tahun 1987. Ia menganggap Jogja sudah lebih maju dibanding beberapa dekade silam.

“Jadi ini ke tujuh kalinya saya datang. Sudah sangat banyak perubahan di kota ini,” kata Don seusai The 9th Joint Comission Meeting Between Republic of Indonesia and The Kingdom of Thailand yang digelar di Hotel Tentrem, Jumat (06/07/2018).

Don juga turut mengomentari Candi Borobudur sebagai salah satu keajaiban dunia. Menurut pandangannya, Candi Borobudur sangat terkenal di Thailand, yang merupakan negara Buddhis. 

“Hampir semua masyarakat Thailand mengagumi Candi Borobudur. Sangat indah. Sepertinya juga masyarakat Thailand tidak ada yang tidak tahu soal Candi Borobudur,” imbuhnya.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang turut mendampingi Don usai diskusi kerjasama Bilateral mengatakan akan mendampingi Don berkunjung ke Candi Borobudur sebagai langkah strategis penguatan kerjasama di bidang pariwisata.

“Tahun 2017 Indonesia dan Thailand mengkolaborasikan destinasi wisata di dua negara itu dan turut megembangkan proyek peradaban. Salah satunya candi Borobudur,” kata Retno.

Ia menambahkan, momentum kunjungan tersebut juga akan dimanfaatkan untuk memperkuat kerjasama industri kreatif melalui penandatanganan MOU antar dua negara. Harapannya tenaga kreatif di dua negara juga akan terus berkembang akibat adanya penguatan kerjasama tersebut. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.