Berita Nasional Terpercaya

Pesan Sri Purnomo, Jangan Sampai Kesenangan Sementara dengan Resiko Besar, Hancurkan Karier

0

Bernas.id ? Sri Purnomo, Bupati Sleman melantik dan mengambil sumpah 63 pejabat baru yang terdiri dari pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas, kepala UPT Puskesmas, dan kepala sekolah di lingkungan Kabupaten Sleman. Dalam pelantikan, juga dilakukan pengucapan dan penandatanganan Pakta Integritas untuk tidak melakukan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, Pendopo Parasamya, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin 9 Juli 2018.

Bupati Sri Purnomo mewakili jajaran aparat Kabupaten Sleman mengucapkan selamat kepada pejabat yang terlantik. ?Saya mengucapkan selamat kepada bapak ibu terlantik. Saya berharap kepada bapak ibu semuanya semakin memperkuat jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman dalam membangun Kabupaten Sleman yang lebih baik,? katanya.

Dikatakan Sri Purnomo, prosesi pelantikan atau mutasi jajaran pejabat di setiap instansi pemerintah adalah bagian dari dinamika organisasi dalam rangka peningkatan karir pegawai sekaligus memperkuat jajaran pemerintah secara keseluruhan. ?Pemerintah Kabupaten Sleman dengan melalui pelantikan pejabat ini dimaksudkan untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik. Promosi dan mutasi diperlukan untuk menjaga kesinambungan birokrasi, dan pengembangan karir pegawai negeri, sekaligus itu adalah proses alami yang harus berjalan terus-menerus,? jelasnya.

?Ada yang semakin tambah usia, memasuki masa purna tugas kemudian silih berganti untuk bisa diisi sesuai dengan kapasitasnya masing-masing,? imbuhnya.

Disampaikan Sri Purnomo, perlu dipahami secara mendalam oleh pejabat terlantik bahwa posisi saat ini menjadi penentu keberhasilan organisasi dalam mewujudkan tujuan organisasi. ?Karenanya saya berharap, saudara-saudara sekalian dapat mengerahkan seluruh kemampuan untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi yang ada dalam organisasi. Terlebih kita semakin dekat dengan periode akhir rencana pembangunan jangka menengah daerah,? ujarnya.

?Saya berharap saudara-sudara yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya untuk dapat segera menyesuaikan pada jabatannya yang baru, segera untuk bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga nanti bisa tercapai apa yang menjadi tujuan kita bersama, menyejahterakan masyarakat di Kabupaten Sleman,? tambahnya.

Seiring dengan diamanahkannya jabatan struktural kepada pejabat terlantik, secara otomatis, sebut Sri Purnomo, akan memiliki wewenang untuk mengkoordinir kegiatan instansi. ?Saya berpesan agar saudara sekalian mampu menjaga nama baik, baik dalam sendiri maupun nama dalam organisasi. Jangan sampai dengan kesenangan sementara dengan resiko besar menghancurkan karier yang saudara selama ini bangun. Oleh karenanya, saya berpesan untuk dapat berhati-hati dalam menjalankan tanggung jawab yang diembankan. Setiap keputusan yang saudara ambil hendaknya didasarkan pada kode etik seorang ASN, mengingat yang saudara lakukan akan menjadi sorotan, baik oleh atasan, bawahan, pejabat setara, bahkan oleh masyarakat,? urainya.

Di sisi lain, menurut Sri Purnomo, pejabat yang dilantik harus mampu menjadi motivator sekaligus memberi tauladan kepada bawahan, sejajar, maupun memberi contoh kepada masyarakat sehingga dengan semakin keterbukaan di mana saja, baik di pemerintahan dan sektor swasta, kita akan semakin banyak dikoreksi atau dinilai, dievaluasi, tidak hanya dalam internal Pemerintah Kabupaten Sleman, tetapi juga masyarakat kita juga semakin kritis untuk bisa menilai apa yang kita laksanakan selama kita mendapatkan amanah dan tugas jabatan itu.

?Memberikan hal-hal yang sifatnya inovatif, inovasi apa yang bisa kita berikan sehingga dengan inovasi itu dirasakan manfaatnya oleh khalayak masyarakat secara umum,? tutupnya. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.