Berita Nasional Terpercaya

TMMD Sengkuyung Tahap II Dibuka, Fokus Penataan Bantaran Kali Code

0

Bernas.id – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2018 dari Kodim 0734 Yogyakarta resmi dibuka melalui upacara yang digelar di lapangan SMA N 3 Yogyakarta, Selasa (10/7/2018). Penataan kawasan bantaran Sungai Code di Kelurahan Terban Kecamatan Gondokusuman menjadi fokus utama dalam program TMMD ini, salah satunya dengan pembangunan talud sepanjang 23 meter.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi. Saat membacakan sambutan walikota, Heroe mengatakan bahwa TMMD Sengkuyung Kedua Tahun Anggaran 2018 atau yang ke 122 ini digelar dalam rangka membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“TMMD ini menjadi bukti sinergitas seluruh komponen masyarakat kota Yogyakarta dalam melaksanakan pembangunan sesuai semangat Segoro Amarto,” ujarnya.

Program yang dahulu bernama ABRI Masuk Desa ini  melibatkan 100 personel yang terdiri dari prajurit TNI lintas matra, Kepolisian, jajaran pemerintah daerah, ormas hingga masyarakat. TMMD Sengkuyung kali ini akan berlangsung selama 30 hari hingga 8 Agustus mendatang.

Kegiatan TMMD Sengkuyung Kodim Yogyakarta ini setidaknya menelan anggaran sebesar Rp 318.400.000. Dana sebesar itu bersumber dari APBD DIY Rp 75.000.000, dan APBD Kota Yogyakarta Rp 243.400.000.

Selain pembuatan talud di Sungai Code, sasaran program fisik pembangunan yang akan dilakukan prajurit diantaranya rehab 5 rumah warga tak layak huni, rehab 1 balai RW dan pembangunan 1 unit MCK. Sedangkan untuk program non fisik akan dilaksanakan penyuluhan bela negara, sosialisasi bahaya terorisme dan narkoba, pengobatan gratis serta kegiatan sosial lainnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.