Berita Nasional Terpercaya

Renyahnya Keripik Jangkrik Dusun Krikil, Pendoworejo Girimulyo Kulonprogo

0

Bernas.id — Keripik atau peyek biasanya berbahan dasar dari kacang, kedelai, tempe, oncom, bayam atau daun-daunan yang lazim untuk sayuran. Atau berbahan dari hewan yang sudah cukup dikenal, seperti keripik dari udang atau ebi, keripik ikan teri dan di pantai Parangtritis, Bantul ada keripik Jingking dan keripik Undur-undur hewan dari laut.

Tapi tahukah nitizen, ternyata hewan serangga yang bernama Jangkrik atau dalam bahasa Latin disebut Gryllidae dapat dibikin olahan makan keripik yang renyah, gurih dan yummy. Seperti yang dilakukan oleh kelompok masyarakat Dusun Krikil, Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo yang tergabung dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Jangkrik Ngluwing, Minggu (15/07/2018), bertempat di Pasar Nini Thowok – Minggu Legen, menjajakan produknya berupa keripik Jangkrik.

Makanan ringan atau camilan yang dibuat dengan komposisi, Jangkrik, tepung terigu dan bumbu ini dikemas cukup apik dengan diberi label Peyek Jangkrik Alam – Makanan Ringan Kulonpogo.

?Peyek atau kripik jangkrik ini dikembangkan oleh warga kami sejak setahun lalu, sedangkan budidaya peternakan jangkriknya sendiri telah dilakukan lebih dari dua tahun. Kalau pemasaran peyek jangkrik dengan kemasan plastik seperti ini, baru empat bulan setelah mendapatkan rekomendasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dari Dinas Kesehatan,? papar Warsiyem, selaku penjaga stan, kepada Bernas.id.

Sementara pemasaran Peyek Jangkrik Alam secara langsung baru dilakukan untuk wilayah terbatas di sekitar Kabupaten Kulonprogo dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan para pengelola UPPKS Jangkrik Ngluwing  masih ingin menyempurnakan lagi produknya dan melengkapinya dengan sertifikasi halal.

?Meskipun pemasaran secara langsung masih sebatas wilayah Kabupaten Kulonprogo dan sekitarnya, namun kami juga melakukan pemasaran secara online melalui internet, yang ternyata ada beberapa pembeli dari luar Jawa, salah satunya dari Lombok, NTB,? tambahnya.

Peyek Jangkrik sebagai makanan ringan Kabupaten Kulonprogo ini apabila dikelola secara serius oleh masyarakat, maka akan menambah catatan khasanah kuliner istimewa DI Yogyakarta, seperti halnya Walang Goreng dari Kabupaten Gunungkidul yang telah popular terlebih dahulu. (ted)

Leave A Reply

Your email address will not be published.