Berita Nasional Terpercaya

Kapolda DIY Akan Ikut Pawai Obor Api Asian Games 2018

0

Bernas.id ? Kepala Polisi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Ahmad Dofiri menyebut sudah melakukan persiapan dalam rangka pengamanan pawai obor api (torch relay) Asian Games 2018. Pengamanan akan dilaksanakan pada rute-rute jalan yang akan dilalui pawai obor,Museum Dirgantara Mandala Adiustjipto, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa 17 Juli 2018.

?Mendapatkan kesempatan pertama kali untuk torch relay yang dilaksanakan dari Yogyakarta, jadi kita sudah menyiapkan pengamanan rute-rute yang akan dilalui,? kata Ahmad Dofiri seusai mengikuti kegiatan penyambutan api Asian Games 2018 langsung dari India ke Kota Yogyakarta.

Baca Susi Susanti Ceritakan Pengalaman Bawa Api Asian Games 2018 dari India

Ahmad Dofiri juga menyatakan bahwa pengamanan sudah dilakukan sejak kedatangan api Asian Games 2018 dari India. ?Pertama, (pengamanan-red) acara tadi mulai turun dari pesawat sampai kemudian diinapkan Museum Dirgantara Mandala. Besok akan dikawinkan dengan api dari Mrapen.  Dari Candi Boko nanti ketemu di Prambanan, itu pun sudah disiapkan,? jelasnya.

?Yang lebih penting lagi, nanti kirabnya. Nah, pada tanggal 19 nanti api sudah berada di Kraton. Selanjutnya, nanti akan diarak, rutenya meliputi dari Kraton – Titik Nol – Putar Benteng – sampai akhirnya nanti finish di Tugu,? imbuhnya.

Dikatakan Ahmad Dofiri, pihak kepolisian sudah menyiapkan ribuan personilnya. ?Kita sudah menyiapkan hampir 2400 personil karena di sepanjang jalan kita pagar betis karena penonton nanti akan banyak. Jadi, kita akan berikan pengamanan semaksimal mungkin supaya berjalan dengan lancar. Dengan TNI, hampir 3 ribuan lebih,? terangnya.

Baca Asian Games 2018, KSAU TNI AU: Dijamin Apinya Asli dari India

Terkait dengan penangkapan teroris belum lama ini, Ahmad Dofiri menjawab tidak ada masalah. ?Saya kira tidak ada masalah, memang kemarin ada dua kali penangkapan yang dilakukan Densus 88, yaitu 5 orang (minggu sebelumnya-red) dan 3 orang yang terjadi pada hari Sabtu kemarin. Saya kira bagian dari pada pengamanan supaya jalannya pelaksanaan pawai obor yang akan dilaksanakan Jogja berjalan dengan aman dan lancar,? jelasnya.

Baca Erick Tohir, Asian Games 2018 Pecahkan Rekor Peserta Terbanyak

Dalam pawai obor Asian Games 2018, Ahmad Dofiri ternyata juga ditugaskan untuk membawa obor api dan tidak mengerti alasannya bisa ditunjuk. ?Saya juga tidak tahu, mungkin atau karena saya suka lari. Saya siap saja. Nanti panitia akan menentukan (rute-red), saya ikut saja. Mau 1 KM atau 2 KM, oke. Seusia saya untuk 5 KM masih bisalah,? pungkasnya. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.