Berita Nasional Terpercaya

500 Kilo Ayam Disiapkan untuk Operasi Pasar

0

Bernas.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY menyiapkan 500 kilogram ayam potong. Ini akan digunakan dalam operasi pasar yang digelar di tiga pasar tradisional di Yogyakarta yaitu Beringharjo, Kranggan dan Demangan.

?Tujuannya adalah untuk membantu menurunkan harga ayam potong. Kegiatan ini pun akan kami evaluasi, apakah memberikan efek pada penurunan harga ayam potong atau tidak,? kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Tri Saktiyana, Rabu (25/7).

Tri menyebut, kegiatan operasi pasar ayam potong tersebut rencananya akan dilanjutkan selama satu pekan untuk memastikan agar harga daging ayam potong di Yogyakarta turun.

Pada operasi pasar tersebut, harga jual ayam potong ditetapkan sama sesuai aturan dari Kementerian Perdagangan yaitu Rp32.000 per kilogram (kg) atau lebih murah dari harga ayam potong yang saat ini bisa mencapai sekitar Rp50.000 per kg.

Ayam yang dijual selama operasi pasar sudah dikemas dan pembeli hanya dapat membeli maksimal dua kilogram saja.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Maryustion Tonang menyebut, kenaikan harga ayam potong disebabkan permintaan tinggi namun persediaan yang ada terbatas.

?Melalui tim pengendali inflasi daerah (TPID), kami selalu berkoordinasi dengan Pemerintah DIY, salah satunya dengan menggelar kegiatan operasi pasar seperti yang terselenggara hari ini di tiga pasar tradisional,? terangnya.

Maryustion menambahkan, pemilihan ketiga pasar tradisional sebagai tempat penyelenggaraan operasi pasar ayam potong juga didasarkan pada fungsi ketiga pasar tersebut sebagai barometer pengecekan harga di Kota Yogyakarta.

?Ada empat pasar sebagai barometer harga yaitu Kranggan, Beringharjo, Demangan dan Kotagede. Namun, untuk operasi pasar hanya dilakukan di tiga pasar saja,? pungkasnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.