Berita Nasional Terpercaya

Pemkot Jogja Bakal Revitalisasi Pasar Ini…

0

Bernas.id – Rencana Pemerintah Kota Yogyakarta untuk merevitalisasi Pasar Prawirotaman memperoleh lampu hijau dari pemerintah pusat. Diharapkan rencana tersebut dapat direalisasikan tahun depan.

?Kebutuhan anggaran untuk pekerjaan fisik akan dibiayai melalui dana dari pusat,? kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Maryustion Tonang, Minggu (29/7).

Menurutnya, dalam rencana revitalisasi tersebut, Pasar Prawirotaman yang terletak di Jalan Parangtritis akan dibangun menjadi bangunan vertikal yang bisa mendukung lebih banyak kegiatan ekonomi. Saat ini, Pasar Prawirotaman hanya memiliki satu lantai saja.

Apalagi, Pasar Prawirotaman berada di kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing sehingga keberadaan pasar harus bisa mendukung perkembangan pariwisata di kawasan tersebut.

?Salah satunya adalah mengupayakan agar pasar bisa hidup 24 jam. Misalnya dengan memanfaatkan pasar untuk kegiatan kuliner malam selain kegiatan jual beli pasar tradisional pada pagi hari,? sambung Maryustion.

Di samping Pasar Prawirotaman, Pemerintah Kota Yogyakarta juga berencana melakukan revitalisasi di beberapa pasar tradisional lain seperti Pasar Sentul dan Pasar Kotagede.

?Khusus untuk Pasar Kotagede, kami akan memanfaatkan dana keistimewaan,? katanya.

Pada 2016, Pemerintah Kota Yogyakarta juga menerima kucuran dana dari pusat untuk revitalisasi pasar tradisional yang digunakan untuk merevitalisasi Pasar Pingit dengan nilai anggaran Rp. 6 miliar.

Bangunan Pasar Pingit yang semula hanya satu lantai disulap menjadi bangunan dua lantai sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain seperti aula, ruang laktasi, dan musholla. (Den).

Leave A Reply

Your email address will not be published.